Mohon tunggu...
Muhammad alex ferdiansyah
Muhammad alex ferdiansyah Mohon Tunggu... Diplomat - Mahasiswa

Laki laki

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Rasanya Menjadi Penjual

16 November 2020   13:12 Diperbarui: 16 November 2020   13:39 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Memang di  zaman saat ini sudah banyak sekali penjual dimana mana mulai dari makanan, minuman, pakian, aksesoris, dll. Dan juga tempatnya pun bermacam macam ada di pasar, seberang jalan, tetangga sekitar, dll. Saya sendiri termasuk penjual juga, yang saya jual adalah minuman dingin mulai dari pop ice, ice seribuan, dan beberapa jajanan ringan. Usaha yang saya jalankan sudah dimulai sejak 3 tahun yang lalu. Dan yang mendirikannya adalah bapak saya, mengapa ? Karena beliau sudah tua dan tidak bekerja di luar kota lagi. Kemudian setelah 2 bulan berlalu pada akhirnya saya mulai menggatikan beliau untuk berjualan dikarenakan beliau sudah mendapatkan pekerjaan di sekitar desa tersebut, meskipun gajinya tidak seberapa tetapi saya bersyukur karena beliau bisa pulang kerumah sore harinya setiap hari. Meskipun begitu beliau masih membantu saya saat berjualan. 

Memang saat saya pertama kali melayani pembeli awalnya saya gugup dan takut karena belum terbiasa, akan tetapi lambat tahun akhirnya terbiasa jiga, bahkan saya sampai bisa menyenangkan hati pembeli. Hasil dari penjualan tersebut memang sedikit, tetapi saya bersyukur karena bisa melayani pembeli dengan baik dan benar. 

Menjadi penjual itu tidak lah mudah, banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari penampilan, kondisi barang, dan sikap sopan santun. Dan juga terkadang harus  menerima sebuah kerugian, meskipun begitu saya menerima dengan lapang dada dan belajar dari peristiwa tersebut. Kemudian saya belajar cara menghemat/menabung uang, dari hasil berjualan. Setelah itu saya mencoba beberapa kreasi minuman dingin, dan menjualnya ada yang disukai tetapii juga ada yang tidak disukai. 

Akan tetapi tidak lama kemudian datang lah badai yang bernama covid 19 yang membuat perekonomian indonesia menjadi berjalan tidak stabil. Termasuk saya sendiri yang berjualan, dan membuat omset menurun, meskipun begitu saya tetap bersabar dan berusaha untuk berjualan supaya bisa menyenangkan hati pembeli sampai sekarang ini.

Itulah yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar besarnya apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun