Mohon tunggu...
Choirul Rosi
Choirul Rosi Mohon Tunggu... Penulis cerpen yang hobi membaca buku dan novel

Cerita kehidupan yang kita alami sangat menarik untuk dituangkan dalam cerita pendek. 🌐 www.chosi17.com 📧 choirulmale@gmail.com IG : @chosi17

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Katakan "Tidak" agar Hidup Kita Bahagia

24 September 2020   11:40 Diperbarui: 24 September 2020   11:52 43 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Katakan "Tidak" agar Hidup Kita Bahagia
sumber : philstockworld.com

Hanya dengan berkata "Tidak" maka hidup kita akan bahagia dan bebas dari stres. Maksudnya bagaimana?

Begini, seringkali kita mengatakan "Ya" untuk semua permintaan orang lain yang ditujukan kepada kita. Mengapa kita melakukan ini? Karena kita terlalu takut mengatakan "Tidak", takut mengecewakan orang lain dan menghindari konfrontasi. Tapi sayang, kita lalu mengeluh dan menyalahkan diri kita sendiri mengapa kita tidak bisa mengatakan "Tidak".

Belajar mengatakan "Tidak" dapat menghemat banyak waktu dan mengurangi stres kita. Meskipun kita takut akan mengecewakan orang lain, yang terjadi justru sebaliknya. Dengan berkata "Tidak" orang akan menganggap kita memiliki karakter yang kuat dan berkepribadian "tegas".

Kekuatan kata "Tidak" akan mendorong diri kita berhenti melakukan sesuatu untuk memenuhi harapan orang lain. Kita tidak perlu melakukan hal-hal yang tidak kita sukai. Jika kita tidak mulai mengatakan "Tidak" dan terus melakukan hal-hal yang tidak ingin kita lakukan, kita akan membuat diri kita menderita secara mental.

Mengatakan "Tidak" tidak hanya untuk keuntungan kita saja, tetapi sebenarnya dengan mengatakan "Tidak", kita juga memikirkan orang lain. Memberitahunya bahwa itu tidak baik untuk ia lakukan.

Kita harus mengatakan "Tidak" untuk semua yang berisik. Banyak orang sukses dalam sejarah memiliki kemampuan untuk memisahkan yang "penting" dari "yang tidak penting" dalam hidup mereka. Demikian halnya kita, cobalah berkata "Tidak" untuk menunjukkan apa yang kita anggap "penting". Dengan begitu kita akan memiliki waktu untuk hal-hal yang mengantarkan kita menuju kesuksesan. Kita akan lebih "fokus" pada sesuatu yang membuat hidup kita lebih baik.

Ketika kita memiliki tujuan hidup, segala sesuatu yang tidak berkontribusi pada tujuan kita merupakan sebuah "kebisingan" yang harus kita hindari. Katakan "Tidak" pada "kebisingan" tersebut. Meskipun kita mengatakan "Tidak", kita tidak melewatkan apa pun dalam hidup kita. Dunia dipenuhi dengan kesempatan dan keindahan. Hidup kita akan tetap berwarna meskipun kita menolak permintaan orang lain.

Kita bukan orang jahat ketika kita mengatakan "Tidak" kepada orang lain. Seiring waktu berjalan dan kita telah terbiasa berkata "Tidak", lambat laun kita akan kehilangan rasa takut mengecewakan orang lain. Kita akan mengetahui bahwa mengatakan "Tidak" adalah sebuah hal yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Belajarlah untuk berkata "Tidak" jika kita memang benar-benar tidak ingin. Dengan begitu kita akan lebih menikmati hal-hal yang benar-benar kita sukai. Sehingga hidup kita akan lebih bahagia tanpa ada tekanan di dalam batin kita.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x