Mohon tunggu...
Lutvia Trinanda
Lutvia Trinanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PBA Universitas Negeri Malang

In a world of worriers, be the warrior !

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Serta Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UM dalam Pelaksanaan Program CoE Asistensi Mengajar di SMAN 1 Turen

30 Oktober 2021   19:43 Diperbarui: 2 November 2021   21:59 198 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Malang - Center of Excellence Asistensi Mengajar merupakan salah satu sub program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus bagi mahasiswa.

Program studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Malang merupakan salah satu prodi unggulan yang berkesempatan untuk mengimplementasikan program MBKM CoE Asistensi Mengajar. 

Program studi Pendidikan Bahasa Arab telah bekerjasama dengan berbagai mitra sekolah yang berada di Malang maupun di luar Kota Malang. Salah satu mitra yang bekerjasama ialah SMA Negeri 1 Turen, yang berada di Kabupaten Malang.

Dalam pelaksanaan program ini, diawali dengan proses penyerahan dari pihak jurusan Sastra Arab kepada lembaga mitra melalui zoom yang dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2021 dengan di damping oleh Ketua Jurusan Sastra, Arab Dr. Hanik Makhliatussikah, M.Hum. Pada proses ini diikuti juga oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dan Guru Pendamping Lapangan (GPL) dari masing-masing lembaga mitra.

Setelah melalui proses penyerahan, Jurusan Sastra Arab mengadakan pembekalan kepada mahasiswa sebelum diterjunkan langsung ke sekolah mitra yang bersangkutan. Pembekalan yang diberikan meliputi pembelajaran qiro'ah, istima', kalam, kitabah, mufrodat, dan tarkib. Tidak lupa pula dengan kegiatan praktik mengajar yang bertujuan untuk memantapkan mahasiswa sebelum mengajar ke sekolah langsung.

Mahasiswa diterjunkan langsung ke sekolah mitra, SMA Negeri 1 Turen pada tanggal 16 Agustus 2021. Kemudian, selama satu bulan mahasiswa ditugaskan untuk membuat perangkat kurikulum dan perangkat bahan ajar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Arab di SMA Negeri 1 Turen. Setelah semua perangkat yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran selesai, mahasiswa siap untuk melaksanakan kegiatan mengajar (micro teaching) kepada siswa.

Di masa pandemi ini, kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Turen dilaksanakan dengan sistem blended learning. Blendeed Learning merupakan sebuah kombinasi pengajaran langsung (tatap muka) dan pengajaran online. Saat pembelajaran dilakukan dengan tatap muka, siswa dibagi menjadi 2 kelas. 

Dimana setiap kelasnya hanya diisi sebanyak 15 - 17 siswa. Tentunya, kegiatan pembelajaran tatap muka dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan CoE Asistensi Mengajar di SMA Negeri 1 Turen tidak hanya melakukan kegiatan mengajar saja, melainkan juga membantu proses administrasi perpustakaan dan melakukan pelatihan kelas Bahasa Arab untuk organisasi Badan Dakwah Islam (BDI) SMA Negeri 1 Turen. 

Selain itu, di setiap hari Jum'at, mahasiswa bersama dengan para guru dan siswa mengadakan kegiatan Jum'at berkah, dimana siswa membawa kue, nasi kotak, dan minum untuk dibagikan kepada masyarakat yang sedang berlintas di sekitar SMA Negeri 1 Turen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan