Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diadakan oleh Universitas Pendidikan Indoneisa dilaksanakan dalam bentuk tematik secara daring.
Pada KKN Tematik gelombang kedua ini, Universitas Pendidikan Indonesia mengusung tema “Mengembangkan Literasi dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pusat Prestasi Nasional”.
Tema tersebut diusung dengan harapan kegiatan KKN Tematik yang dilaksanakan dapat meningkatkan literasi pada masyarakat Indonesia.
Literasi merupakan istilah universal yang merujuk pada tingkat kemampuan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung serta memecahkan permasalahan pada tingkat kemampuan tertentu.
Literasi tidak hanya mengenai literasi baca, tulis, dan menghitung tetapi masih banyak literasi yang lain, salah satunya adalah literasi digital.
Literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengkomunikasikan konten atau pun informasi dengan kecakapan kognitif dan teknikal. Kemampuan literasi digital sangat diperlukan di era revolusi industri 4.0 termasuk pada bidang ekonomi.
Revolusi Industri 4.0 merupakan kemajuan teknologi baru yang mengintegrasikan dunia fisik, digital, dan biologis, dimana tada perubahan cara hidup kerja manusia secara fundamental.
Dengan pertumbuhan teknologi yang terus berkembang semakin pesat yang mengalami terobosan seluruh disiplin ilmu, antara lain di bidang teknologi nano, bioteknologi, dan teknologi yang berbasis internet berdampak terhadap kehidupan manusia, sehingga memberikan dampak pertumbuhan ekonomi terus meningkat. Salah satunya adalah dengan penggunaan media alat transaksi jual-beli atau disebut juga dengan nama E-commerce.
Seperti yang kita ketahui bahwa E-commerce merupakan pembelian maupun penjualan barang antara bisnis, rumah tangga, individu, pemerintah dan organisasi publik dan swasta lainnya melalui jaringan komputer.
E-commerce bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi bisnis. Fokus dari revolusi industri 4.0 yaitu pada industri cerdas dan berkembang dibanyak sektor, dimana akan menghasilkan produk secara banyak dan berkualitas yang dapat mempengaruhi peningkatan transasksi bisnis pada E-commerce.
Di Indonesia sendiri telah mengusung perkembangan revolui industri 4.0 untuk bersaing dengan bangsa lain dalam berindustri. Buktinya sudah banyak aplikasi – aplikasi yang mempermudah manusia dalam penggunaannya, mulai dari transportasi, medis, dan jual-beli (E-commerce).