Mohon tunggu...
Lusih
Lusih Mohon Tunggu... Sales - Mahasiswa Universitas Siber Asia

Mahasiswa Universitas Siber Asia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Cara Berpikir HOTS dan LOtS di Era Digital

3 Agustus 2021   16:48 Diperbarui: 3 Agustus 2021   17:12 153 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Berpikir HOTS dan LOtS di Era Digital
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Diera digital sekarang, dengan kecanggihan teknologi dan internet yang sangat mudah diakses. Setiap orang dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja. Kemudahan akses dan kecanggihan teknologi ini memberikan dampak baik dalam kehidupan manusia, tidak hanya memberikan dampak baik tapi juga dapat memberikan dampak buruk jika kita salah menggunakannya.

Seharusnya dengan kecanggihan teknologi, idealnya diiringi juga dengan literasi digital yang baik, agar lebih banyak manfaat atau dampak baik yang diterima daripada dampak buruknya. Pada kemampuan litersi digital ini kita juga harus mempunyai kemampuan berpikir. Kemampuan berpikir dibagi menjadi LOTS dan HOTS

LOTS adalah keterampilan berpikir tingkat rendah, LOTS merupakan singkatan dari Lower Order Thinking Skills yang memiliki arti Keterampilan berpikir tingkat rendah. Sesuai dengan namanya disini kita tidak akan terlalu sulit untuk berpikir, biasanya hanya memerlukan kemampuan mengingat ,memahami dan mengaplikasikan. Disini kita hanya melakukan tiga hal yaitu Mengingat, Memahami, dan Mengaplikasikan. Pada keterampilan ini, ketika kita mendapatkan suatu informasi kita menerima atau mengingatnya kemudian kita memahami suatu informasi atau berita tersebut kemudian langsung mempraktekannya.

*         Mengingat berarti menyebutkan, memilih, mengidentifikasi, membuat daftar

*         Memahami berarti menjelaskan informasi, membedakan, menyimpulkan, menjelaskan, memperkirakan dan merangkum

*         Mengaplikasikan berarti menerapkan informasi yang didapatkan

Cara berpikir LOTS diera digital ini akan menjadi cukup mengkhawatirkan atau membahayakan, karena dimasa sekarang ini terdapat banyak berita hoax atau berita tidak bener yang dapat kita temui dengan mudah di internet seperti disosial media ataupun chat yang dikirimkan dari orang lain kepada kita. Apabila berita yang kita dapatkan itu adalah sebuah berita hoax atau tidak benar maka kita hanya akan mengingat, memahami dan kemudian mengaplikasikannya tanpa mencari tahu dulu kebenaran berita atau informasi tersebut.

Kemudian tingkat berpikir HOTS adalah Keterampilan berpikir tingkat tinggi, HOTS merupakan singkatan dari Higher Order Thinking Skills yang memiliki arti keterampilan berpikir tingkat tinggi. Menurut Taksonomi Bloom pada cara berpikir ini terdapat enam tingkatan yaitu Mengingat, Memahami, Mengaplikasikan, Menganalisis, Mengevaluasikan, dan Meng-kreasikan.

*         Mengingat berarti menyebutkan, memilih, mengidentifikasi, membuat daftar

*         Memahami berarti menjelaskan informasi, membedakan, menyimpulkan, menjelaskan, memperkirakan dan merangkum

*         Mengaplikasikan berarti menerapkan informasi yang didapatkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan