Mohon tunggu...
luqman hakim
luqman hakim Mohon Tunggu... Be Better

Be Better

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

New Normal Era: Prioritaskan di Rumah Saja

13 Juni 2020   17:45 Diperbarui: 13 Juni 2020   17:49 18 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
New Normal Era: Prioritaskan di Rumah Saja
sumber: pixabay

Masyarakat di zona hijau bahkan di luar zona hijau telah mulai kembali menjalani kehidupan normal bertajuk new normal. Kejenuhan selama kurang lebih tiga bulan bekerja dari rumah maupun belajar dari rumah sedikit terobati. Geliat kegiatan perekonomian meramaikan kembali jalan-jalan.

Perkantoran, perhotelan, dan lembaga pendidikan juga ada yang telah buka kembali walaupun tidak secara menyeluruh dengan protokol yang ketat. 

Semua bertujuan menggerakkan kehidupan masyarakat serta meningkatka optimisme dalam menghadapi tantangan situasi baru. Begitu pula tempat peribadahan dan tempat-tempat wisata yang juga kembali dibuka dengan protokol kesehatan. Patut diwaspadai juga bahwa kondisi belum sepenuhnya aman dari ancaman Covid-19, untuk itulah masyarakat diminta terus berhati-hati.

Manusia dapat dikatakan sebagai faktor utama dalam proses penyebaran baik melalui berbagai transmisi. Pergerakan manusialah yang dapat membawa virus ke tempat-tempat penuh keramaian. 

Untuk itulah kita sebagai makhluk yang berpikir hendaklah menyadari bahwa ada hal-hal yang harus kita lakukan dan prioritaskan dalam mendukung pemerintah dan tenaga medis mengurangi dampak pandemi Covid-19.

Hal-hal yang dapat kita lakukan adalah mengurangi aktivitas di luar rumah semaksimal mungkin. Jika terdapat pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah maka tidak perlu mencari-cari alasan ke luar rumah. Seperti ketika pandemi pertama kali hadir, sikap hati-hati selalu dilakukan di era new normal

Bagi yang memiliki kewajiban atau jadwal bekerja yang mengharuskan ke luar rumah maka dapat memenuhi protokoler yang telah ditetapkan. 

Ketika pergi bekerja maupun pulang hendaknya fokus saja ke tempat kerja dan pulang kembali ke rumah. Hilangkan kebiasaan yang selama ini dilakukan semisal mampir ke sana-ke mari untuk hal-hal yang kurang penting.

Bagi anak-anak muda yang terbiasa mencari tempat-tempat makan di luar rumah atau sekedar kongkow, untuk sementara waktu dikurangi terlebih dahulu. Tetap bersabar dan bertahan di rumah terlebih dahulu meskipun dorongan dari keinginan bertemu teman-teman sangat ingin dilakukan. Manfaatkan platform online untuk sekedar belanja dan bertemu di masa pandemi ini. 

Hal sekecil ini akan berarti dalam membantu tenaga medis dalam mengurangi jumlah kasus meskipun usia muda lebih rendah tertular tetapi bagaimana dengan orang-orang disekitar kita. Boleh jadi kita resisten tetapi tempat dan orang yang bersentuhan dengan kita akan menjadi media penularan.

Begitu juga pedagang dan penjaja makanan juga dapat menerapkan protokol kesehatan dan sedikit bersikap tegas pada pembeli yang tidak mematuhi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x