Mohon tunggu...
Lulu Lujaina Luqman
Lulu Lujaina Luqman Mohon Tunggu... Selamat Membaca

Mahasiswa Semester 5 Fakultas Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Memutus Rantai Penyebaran Virus Covid-19, SMK-SMAK Bogor Melakukan Wisuda Virtual

26 November 2020   17:40 Diperbarui: 26 November 2020   17:46 47 0 0 Mohon Tunggu...

BOGOR  - Bagi mahasiswa yang lulus tahun ini pasti mengalami kelulusan yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya wisuda diadakan di gedung  dengan acara yang meriah, maka mahasiswa angkatan 2020 harus rela lulus dengan cara yang berbeda.

Bagi yang sudah pernah menempuh pendidikan, kelulusan merupakan salah satu momen terpenting yang dinanti-nantikan oleh para siswa. Ini merupakan tanda resmi selesainya bagi siswa dan siswi Sekolah Menengah Analisis Kimia Bogor. Sayangnya, acara wisuda biasanya dilakukan secara langsung dengan kepala sekolah, tenaga pendidik dan pendidikan, lulusan lain, dan orang tua lulusan. Sayangnya, saat ini tidak bisa diadakan. Mengingat ketidakstabilan saat ini yang disebabkan oleh pandemi Coronavirus (COVID-19), maka pertemuan massal harus dihilangkan.

Pelaksanaan wisuda SMK-SMAK Bogor pada Angkatan 62 lulusan 2019/2020 akan dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom dikarenakan adanya pandemik Virus COVID-19 dan juga untuk memutus rantai penyebaran Virus COVID-19.  Pelaksaannya akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 November 2020 mulai pukul 07:00 -- 13:00. Terkait dengan pakaian para wisudawan memilih memakai kebaya untuk yang perempuan dan untuk laki-laki memilih memakai jas hitan dengan kemeja merah didalamnya. Pada acara wisuda virtual ini akan ada Menteri Perindustrian RI yaitu Agus Gumiwang Kartasasmita dan Kepala BPSDMI yaitu Eko S. A. Cahyanto untuk memberikan sambutan kepada wisudawan dan wisudawati angkatan 2020.

Prosesi wisuda online ini memiliki agenda yang sama dengan wisuda pada umumnya. Pembukaan dan sambutan dari kepala sekolah yang akan disiarkan secara langsung melalui aplikasi Zoom yang dapat disaksikan oleh para lulusan lainnya . Meski tidak dilakukan secara tatap muka, namun wisuda secara online tidak mengurangi keseriusan penyelenggaraan upacara pengukuhan ini dan tetap dapat dilakukan dengan hati-hati.

Wisuda sangat istimewa, seluruh siswa berharap dapat menyelesaikannya secara langsung dan bertemu dengan teman-teman yang lain untuk merayakan bersama. Para siswa berharap pandemi COVID-19 bisa segera berakhir. Dengan begini, mereka bisa langsung melanjutkan ke proses wisuda berikutnya seperti sebelumnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x