Mohon tunggu...
Luita Dratistiana
Luita Dratistiana Mohon Tunggu... Lainnya - Analis Humas
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

PPSDM Migas merupakan pusat pengembanga SDM subsektor migas yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah dan sebagai unit kerja di bawah Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral)

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Tingkatkan Soft Skill Operator SPBU, PPSDM Migas dan BPH Migas Jalin Kerja Sama

23 September 2021   13:50 Diperbarui: 28 September 2021   12:07 481
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) terus berupaya mengembangkan keahlian para operator SPBU yang berkompeten dan menjaga keselamatan sekaligus menekan terjadinya angka kecelakaan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Untuk mendukung hal tersebut Pemerintah melalui BPH Migas yang bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) kembali menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi bagi Operator dan Pengawas SPBU yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pekerjanya.

Hal tersebut juga dijelaskan oleh salah satu pengajar (Widyaswara) dalam pelatihan Operator SPBU ini, Santi Oktaviani  bahwa kerjasama antara BPH Migas dan PPSDM Migas ini merujuk pada meningkatkan Soft Skill Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja sebagai Operator SPBU.

"Tujuan terselenggaranya pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi SDM Badan Usaha khususnya Operator SPBU dan Pengawas SPBU. Operasi SPBU merupakan salah satu SKKNI yang diwajibkan berdasarkan Permen ESDM No.05 Tahun 2015. Selain itu, program kerjasama BPH Migas dan PPSDM Migas ini juga sebagai wujud peran serta kontribusi aktif BPH Migas dengan PPSDM Migas dalam pengembangan SDM subsector Migas," terangnya.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yakni dimulai pada hari Senin 20 September 2021 hingga 21 September 2021 secara daring. Pelatihan SPBU ini dilakukan serentak di 6 Zona. Sedangkan untuk Zona Surabaya ini diikuti oleh puluhan peserta salah satunya ialah Putri Purnomo menjelaskan bahwa tujuan awal mengikuti pelatihan ini adalah untuk mengetahui standardisasi pelayanan di SPBU serta standardisasi bagaimana cara mengoperasionalkan SPBU selain itu, setelah mengikuti pelatihan selama dua hari banyak sekali materi dan pengetahuan yang ia dapatkan.

"Banyak sekali hal baru yang kami dapatkan saat mengikuti pelatihan ini mulai dari bagaimana cara menangani customer complain, memberikan pelayanan yang memuaskan untuk customer, principle pelayanan pelanggan yang baik, teknik penggunaan APAR untuk pemadaman awal kebakaran di SPBU, penggunaan dispenser dan nozzle. Kemudian pengetahuan teknis yang berkaitan dengan equipment di SPBU pun dijelaskan oleh team PPSDM Migas dan dari pelatihan ini pastinya saya mendapatkan knowledge tambahan yang sebelumnya belum saya ketahui perihal SPBU. Dengan adanya sertifikasi ini kelak bisa menularkan ilmu yang telah kami dapat kepada teman maupun rekan kerja kami," tuturnya. Ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Selasa (21/09/21).

Putri Purnomo menambahkan bahwa setelah mengikuti pelatihan  tersebut, para peserta juga akan mengikuti ujian sertifikasi sesuai dengan tingkatan masing-masing pekerja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun