Mohon tunggu...
Lucky Caesar
Lucky Caesar Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Pecinta langit. Suka berkontemplasi dan bermimpi. Find me on: www.luckycaesar.com | instagram: @luckycaesard

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Bahagianya Menikmati Industri Halal Indonesia yang Kian Mendunia

10 Januari 2018   22:13 Diperbarui: 10 Januari 2018   23:46 1027
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Musim Dingin di Busan (Jan, 2018) - @luckycaesar

"Merauntaulah, agar tahu benar bagaimana rasanya merindu dan nikmatnya pulang ke kampung halaman "

Merantau jauh ke negeri orang dimana muslim menjadi minoritas merupakan sebuah tantangan tersendiri. Bukan hal mudah, pun bukan hal yang mustahil untuk dilalui. Hampir setengah tahun berjuang disini memberikan banyak pelajaran berharga untuk saya secara pribadi. Terutama dalam beradaptasi dengan budaya, makanan, musim serta karakter masyarakat yang tentu berbeda dengan negeri sendiri.  

Negeri Ginseng, menjadi negara yang ditakdirkan untuk saya bisa menuntut ilmu dan mendapatkan banyak pengalaman istimewa. Living my dreams, satisfying my curiousity, and challenging my self to be a better person. Awal selalu menjadi hal paling berat. Masa adaptasi yang benar-benar menantang.  Apalagi terbiasa hidup di negara yang mayoritas masyarakatnya adalah kaum muslim membuat saya sedikit was-was, mampukah saya survive?

Perasaan was-was saya berkurang ketika mendapati banyak produk halal Indonesia yang sudah dijual di Korea. Meskipun dengan harga yang dua atau tiga kali lipat lebih mahal. Produk Indonesia ini akan selalu penuh kerinduan dan bisa jadi obat rindu rumah, istilahnya tombo kangen. Terlebih lagi semenjak pertama kali menginjakkan kaki di kota yang terkenal berkat film Train to Busan ini membuat saya lebih selektif dalam memilih apapun, terutama makanan.

How can I deal with all of these?

Beberapa Produk Halal Indonesia yang Mendunia, My fav savior ever - @luckycaesar
Beberapa Produk Halal Indonesia yang Mendunia, My fav savior ever - @luckycaesar

Dua bulan pertama tinggal di Busan, berat badan saya turun sekitar 8 kg. Homesick berat, apalagi lidah saya belum terbiasa dengan masakan Korea. Pun susahnya mendapatkan ayam dan daging halal. Meskipun menu ikan, saya juga harus teliti dalam memastikan bahwa tidak bercampur dengan babi. Label halal menjadi label yang selalu saya cari paling awal meskipun disini masih belum banyak produk makanan berlabel halal. Label halal yang tertera memberikan rasa aman untuk saya secara pribadi. Pun label halal menjadi jaminan bahwa produk tersebut melalui proses yang baik, higenis serta terbuat dari bahan yang aman dikonsumsi serta diperbolehkan dalam agama Islam.

Halal dalam konteks makanan berarti segala makanan yang diizinkan untuk dikonsumsi atau digunakan dalam agama Islam. Dalam konteks yang lebih luas untuk kegiatan ataupun produk lainnya, halal berarti diperbolehkan karena telah memenuhi syarat-syarat yang terdapat dalam agama Islam. Bahagianya saya industri halal Indonesia kian berkembang dan sampai di negeri gingseng ini.

Menikmati kuliner halal Indonesia di Warung Gembul, Gimhae - @luckycaesar
Menikmati kuliner halal Indonesia di Warung Gembul, Gimhae - @luckycaesar
Kenapa saya merasa sangat bahagia? Pertama, saya bisa merasa lebih dekat dengan tanah air. Saya pun merasa aman dengan apa yang saya konsumsi sehari-hari. Tidak perlu khawatir ada komposisi babi di dalamnya dan tidak perlu was-was kalau ada kandungan alkohol yang jelas dilarang dalam Islam. Memastikan  kehalalan suatu produk yang dikonsumsi disini sangat susah dengan hanya melihat label halal. Namun beruntungnya mayoritas produk Indonesia yang diekspor ke Korea telah dilengkapi dengan label halal. Sementara itu, ketika berbelanja produk lokal tanpa label halal saya harus jeli dalam membaca komposisi serta memastikan bahwa tidak ada bahan yang melanggar ketentuan dalam agama Islam.

Kenapa perlu sertifikasi halal?

Industri halal dari Indonesia yang kian mendunia tidak terbatas hanya produk makanan namun juga jasa, termasuk halal tourism, keuangan syariah, halal kosmetik, halal pharmaceutical dan juga personal care. Sertifikasi halal pada industi memberikan banyak keuntungan untuk kedua belah pihak baik pihak produsen ataupun konsumen. Untuk konsumen seperti saya, tentunya sertifikasi halal memberikan rasa aman dalam mengonsumsi ataupun menggunakan jasa yang ditawarkan, sementara untuk pihak produsen sertifikasi halal mampu meningkatkan pasar penjualan hingga ke pasar internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun