Mohon tunggu...
LPBAT ASPAC
LPBAT ASPAC Mohon Tunggu...

Lembaga Pelatihan Bahasa Asing Terpadu Asia Pasific, Semarang \n Jl. Kertanegara VI / 12 Pleburan, Semarang \n CP: (024) 844 84 14 \n

Selanjutnya

Tutup

Media

Apa Sih, Bedanya TOEFL, TOEIC, dan IELTS?

5 Desember 2015   09:26 Diperbarui: 5 Desember 2015   10:21 4130 1 1 Mohon Tunggu...

Seringkali kita dengar "woy udah tes toefl belum?", atau "nilai toeic loe dulu berapa?". Secara umumnya, kita tahu bahwa TOEFL dan TOEIC adalah tes untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris kita. Namun masih banyak orang yang gak tau apa bedanya TOEFL dan TOEIC, apalagi sekarang ada yang namanya IELTS (baca: aielts). Hayo! Simak tulisan di bawah ini kalau pengen tau!

  1. TOEFL
    TOEFL itu singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Di TOEFL kita diuji materi listening, reading, dan structure. Ketika Listening ada yang pake headset, ada yang nggak. Beruntung kalo pake headset, lebih jelas soalnya. Range score TOEFL berkisar dari 310 (terendah) sampai 677 (tertinggi).

    TOEFL ini sering digunakan buat masuk universitas atau lembaga-lembaga pemerintahan. Biasanya kalo mau masuk universitas minimal scorenya berkisar antara 450 sampai 500 tergantung universitasnya. TOEFL juga bisa untuk cari beasiswa, juga untuk mereka yang mau belajar di US. TOEFL Itu ada 2 macam, TOEFL Institutional dan TOEFL Internasional. Untuk dapat beasiswa studi di US biasanya pakai TOEFL Internasional, tapi untuk lamaran kerja lokal (dalam negeri) cukup pakai TOEFL Instituonal, yang penting dapat sertifikat DikNas.

  2. TOEIC
    TOEIC ini kependekan dari Test of English for International Communication. Sebenernya sama seperti TOEFL dan IELTS, cuma kalo TOEIC lebih spesifik fungsinya. TOEIC biasnya diambil buat para calon pengajar Bahasa Inggris atau mau menjadi pengajar di luar negeri.

    Tidak hanya itu, ada juga keperluan lain seperti bisnis, indutri, dan perdagangan yang butuh juga TOEIC untuk dapet lisensi. TOEIC itu sendiri cuma terdiri dari 2 ujian yaitu listening dan reading. range nilai dari 10 sampai 990.

    TOEIC ini bener-bener buat kerja. Bukan buat cari beasiswa. Tipe soal-soal TOEIC juga mengarah ke bisnis biasanya. Buat harga sekitar 400-600 ribu rupiah.

  3. IELTS
    IELTS itu kependekan dari Internasional English Language Testing System. Sebenernya IELTS juga untuk menguji kemahiran kita dalam bahasa inggris.

    Beda dari TOEFL, tes IELTS memiliki 4 komponen: listening (30 menit ), reading (1 jam), writing (1 jam) dan speaking (12-15 menit). Secara keseluruhan, tes IELTS membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Biasanya IELTS dibutuhkan untuk keperluan yang lebih penting dari cuma sekedar pendidikan, seperti pembuatan visa kerja diluar, atau perpindahan kewarganegaraan biasanya harus tes IELTS dulu.

    Walaupun sekarang juga udah mulai ramai Universitas Eropa, UK dan US mengharuskan nilai IELTS sebagai syarat masuknya. Range nilai IELTS itu dari 1 sampai 9. Dan biasanya kalo mau masuk universitas yang ada di luar minimal score berkisar dari 5,5 sampai 6,5 gan tergantung universitas dan jenjang yang mau ditempuh (S1 atau S2 atau S3).

    IELTS juga ada 2 macam, IELTS Institusional dan IELTS internasional. IELTS Internasional diambil kalau udah sering latihan aja ya guys, karena sekali tes IELTS Internasional bisa merogoh kocek hingga 2 juta, wow!

Untuk test TOEFL, TOEIC dan IELTS kamu bisa datang ke lembaga institusional seperti LPBB LIA atau LPBAT ASPAC, untuk tes internasional, silakan datang ke LPPMP Jogjakarta.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x