Mohon tunggu...
Lovine Azzahra
Lovine Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nama : Lovine Azzahra NIM : 46123110050 Mata Kuliah : Wirausaha 1 Dosen : Prof. Dr. Apollo, AK. M.Si.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Bisnis Proposal Metode Johari Window

3 Mei 2024   13:48 Diperbarui: 3 Mei 2024   14:02 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis bisnis proposal dengan metode Johari Window dapat memberikan wawasan yang berharga tentang dinamika interaksi antara pihak-pihak yang terlibat dalam proyek tersebut. Metode ini dapat membantu dalam mengidentifikasi area-area di mana terdapat ketidakseimbangan informasi antara pihak-pihak yang terlibat, serta mempromosikan transparansi dan kolaborasi yang lebih baik. Dengan memahami persepsi dan pengetahuan yang saling berbeda, tim dapat mengoptimalkan komunikasi dan meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan proposal bisnis. 

Metode Johari Window adalah sebuah model psikologis yang digunakan untuk memahami interaksi antara diri sendiri dan orang lain. Model ini menggambarkan empat persegi panjang (window) yang merepresentasikan empat area berbeda dari pengetahuan diri dan pengetahuan orang lain tentang diri seseorang : 

1. Arena Terbuka (Open Area): Ini adalah bagian dari diri kita yang kita ketahui dan orang lain juga tahu. Ini mencakup informasi, perilaku, dan emosi yang kita tunjukkan secara terbuka.


2. Area Tersembunyi (Hidden Area): Ini adalah bagian dari diri kita yang kita ketahui, tetapi tidak diketahui oleh orang lain. Ini bisa berupa perasaan, pengalaman, atau informasi yang kita simpan sendiri.


3. Blind Spot (Blind Area): Ini adalah bagian dari diri kita yang tidak kita sadari, tetapi diketahui oleh orang lain. Ini bisa berupa kebiasaan, sikap, atau kekuatan yang orang lain lihat pada kita, tetapi kita tidak menyadarinya.

4. Area Tidak Diketahui (Unknown Area): Ini adalah bagian dari diri kita yang tidak kita ketahui dan tidak diketahui oleh orang lain. Ini bisa mencakup potensi, kemampuan, atau karakteristik yang belum terungkap.

Dalam konteks usaha bisnis, metode Johari Window dapat digunakan untuk mengoptimalkan komunikasi, kolaborasi, dan pengembangan tim. Berikut adalah beberapa cara di mana metode ini bisa diterapkan dalam lingkungan bisnis:

1. Meningkatkan Keterbukaan, dalam tim bisnis penting untuk menciptakan lingkungan di mana setiap anggota merasa nyaman untuk berbagi ide, masalah, dan pendapat mereka. Dengan memperluas area terbuka (open area), anggota tim dapat lebih terbuka tentang kekuatan, kelemahan, dan harapan mereka dalam proyek bisnis.

2. Mengurangi Konflik: Dengan menyadari area blind spot (buta) dalam tim, pemimpin bisnis dapat mengidentifikasi ketidaksepakatan atau ketidakpahaman yang mungkin timbul karena persepsi yang berbeda antara anggota tim. Dengan demikian, mereka dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi konflik dan meningkatkan pemahaman.

3.  Pengembangan Tim: Dengan memperluas area terbuka (open area) dan mengurangi area blind spot (buta) dan tersembunyi (hidden), tim dapat meningkatkan kolaborasi dan memanfaatkan potensi penuh dari setiap anggota tim. Ini dapat mendorong pengembangan individu dan tim secara keseluruhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun