Mohon tunggu...
Liza Dwi Jayanti
Liza Dwi Jayanti Mohon Tunggu... -

Mahasiswa Transfer S-1 PGSD Kampus VI Kebumen, Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Musik di SD

27 Desember 2010   05:28 Diperbarui: 26 Juni 2015   10:21 1999
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sifat dan Peran Seni Musik di SD

Pendidikan kesenenian di dalam kurikulm 1984 meliputi 4 cabang seni yaitu seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater. Dua cang seni yaitu seni rupa dan seni musik sudah lama di kenal dalam dunia bpendidikan kita.

Mengingat dalamkurikulum SD alokasiwaktru untuk pelajaran kesenian sangat terbatas yaitu dua jam dalam satu minggu. Dalam pendidikan seni di dasarkan pada 3 asas yaitu asas ketelaksanaan, asas keluwesan, dan asas tujuan

Maksud dinyatakan ketiga asas dalam pelakasanaan kurikulum 1984, terutama asas keterlaksanaan, menunjukkan bahwa materi minimal masih dapat di tawar lagi. Sejak pelaksanaan kurikulum 1984 sampai kurikulum SD, materi yang paling kuat untuk ditawar adalah praktik alat musik

Jika diprhatikan perkembangan pelaksanaan pelajra praktek musik sampai sekarang cukup menggembirakan, hal ini dapat dilihat banyak anak yang pergi atau pulang sekolah membawa rekorder dan pianika. Praktik alat musik sengaja diberikan di sekolah degan berbagai pertimbangan, antara lain untuk:

mempermudah siswa mepelajrai dan menguasai not balok

memberi kemungkinan bagi siswa yang mempunyai keunggulan dengan suaranya untuk menyalurkan minat dan bakatnya di bidang musik

memberi pengetahuna yang lebih dalam menfenal dan menghayati berbagai alat musi, sehingga kelak siswa diharapkan mempunyai sikap budaya yaitu sikap dapat menghargai dan mencintai seni atau karya seni sebagai hasil budaya bangsanya.

Pelaksanaan pendidikan seni musik di sekolah dasar bersifat edukasi, apresiasif, dan katarsis. Pendidika seni musik bersifat edukasi karena membantu pertumbuhan anak di bidang musik, pendidikan ini juga bersifat apresiatif karena menumbuhkan sikap menghargai dan mencintai karya budaya bangsanya dan seni musik juga bersifat katarsis karena memberi kesegaran dan kegembiraan kepada siswa sehingga akan mendorong siswa mempelajari pelajaran lainnya.

Peran pendidikanm seni musik adalah mengupayakan pembentukan manusia indonesia seutuhnya dengan cara memupuk rasa kebanggan nasional dan ketahanan dalam menanggulangi pengaruh budaya asing yang bersifat negatif

Materi Seni Musik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun