Mohon tunggu...
Liyan Wah
Liyan Wah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

For every minute you're angry, you lose sixty second happiness.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Kalau Pemimpin Penakut, Bagaimana Bisa Menciptakan Komunikasi Terbuka terhadap Pengikutnya?

3 Agustus 2021   10:01 Diperbarui: 3 Agustus 2021   10:03 113 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kalau Pemimpin Penakut, Bagaimana Bisa Menciptakan Komunikasi Terbuka terhadap Pengikutnya?
Sumber : https://www.pexels.com

Manusia merupakan makhluk sosial, tidak dapat hidup sendirinya. Setiap manusia tentunya akan saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan informasi dan menjalin hubungan yang baik . 

Dalam suatu organisasi, pastinya memiliki struktur organisasi untuk mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemimpin dan pengikut  harus dapat membangun komunikasi yang baik dan komunikasi terbuka serta sebagai pemimpin mampu mendengarkan pengikutnya untuk mencapai tujuan organisasi. 

Untuk membangun komunikasi yang baik tentunya tidak mudah, sebagai pemimpin harus memiliki sikap yang berani atau tidak takut dalam segala hal, artinya pemimpin berani ambil resiko dan tidak pantang menyerah. Jika pemimpin yang memiliki sikap yang penakut maka komunikasi ini tidak akan berjalan dengan baik.

Komunikasi seorang pemimpin akan berhasil, jika pemimpin dapat memperhatikan hal yang sederhana  seperti menanyakan sesuatu terhadap pengikutnya,  dan mendengarkan masukan-masukan dari pengikutnya. 

Seorang pemimpin yang sering berkomunikasi dengan pengikutnya merupakan gambar pemimpin yang baik sebagai lukisan atau contoh yang baik untuk pengikutnya. 

Sebagai pemimpin yang baik mau mendengerkan pengikutnya dan memiliki sikap care satu dengan lainnya, kemudian dalam pokok pembahasan komunikasi tentu saja mengenai fakta dan berbagai informasi untuk saling sharing. 

Maka, dengan sikap seperti itu pemimpin dan menjadikan dirinya sebagai pemimpin yang mampu menciptakan komunikasi terbuka.

Lalu, apa maksud dari komunikasi terbuka?

Sumber : https://www.pexels.com
Sumber : https://www.pexels.com

Jadi, komunikasi terbuka merupakan jenis komunikasi dimana semua pihak organisasi baik seorang pemimpin maupun pengikutnya mampu memberikan pendapat,ide dalam sebuah diskusi organisasi, dan pastinya sebagai pemimpin yang baik mendengarkan pendapat dan ide yang diajukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan