Kain Bali
Kain Bali

Jalani hidup semaksimal mungkin, dan jangan berhenti untuk bernafas : )

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Keistimewaan Endek Khas Bali

28 Mei 2018   12:09 Diperbarui: 28 Mei 2018   12:25 294 0 0
Keistimewaan Endek Khas Bali
Fashion Endek Dan Kebaya Gadis Bali. Dokpri

Endek adalah istilah untuk kain tenun ikat yang berasal dari Bali, endek Bali pada umumnya hampir sama dengan kain tenun ikat di daerah lainnya, namun yang  membedakan adalah cara pembuatannya atau motif dari hasil yang dihasilkan dari proses menenun tersebut berbeda-beda.

Tenun Ikat khas Bali ini masih dibuat dengan cara yang masih tradisional, mulai dari pemilihan bahan seperti benang alami, pewarnaan menggunakan warna-warna alam, serta proses menenunnya juga menggunakan alat yang masih sangat tradisional.

Untuk menghasilkan selembar kain tenun khas Bali ini kira-kira membutuhkan waktu yang lama, yang paling cepat hanya 2 minggu, itupun dengan motif yang simple, jika penenun membuat motif yang rumit dengan detail yang banyak, maka bisa dibutuhkan waktu hingga 1 bulanan bahkan lebih.

Keistimewaan kain endek karena pembuatannya yang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi juga patut diapresiasi. Mungkin dari kamu ada yang gemar untuk mengkoleksi hal-hal unik, contohnya kain tenun endek ini, kamu bisa mengunjugni sentral pengarajinnya langsung yang ada di Bali, tepatnya di Desa Sidemen, Kabupaten Karangasem-Bali.

Karena proses pembuatan yang rumit dengan detail yang khas serta waktu yang lama membuat harga dari selembar kain endek ini bisa dibilang lumyan mahal. Namun itu kembali ke selera kamu masing-masing, namun harga dengan kualitas seni tenun yang kamu dapatkan ini tidak akan mengecewakan.

Untuk kamu yang ingin memiliki kain tenun endek khas Bali ini, namun kamu tidak sempat untuk pergi ke Bali, kamu bisa membelinya secara online, karena sudah banyak yang menjualnya, contohnya seperti situs BALIYA.ID, disana menyediakan berbagai jenis kain tenun endek dengan beragam motif dan warna yang menarik, serta berbagai pakaian adat khas Bali lainnya contohnya udeng, kamben, kebaya, dan yang lainnya, pastinya sesuai dengan ekspektasi yang kamu inginkan.

Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.