Mohon tunggu...
Lius tedju
Lius tedju Mohon Tunggu... Editor - Admin

#YNWA

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Era Baru Liverpool Bersama Nike

13 Juli 2020   13:26 Diperbarui: 13 Juli 2020   13:29 454 14 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kerjasama Liverpool dan Apparel Nike. DeutschScouser

Siapa yang tidak mengenali Liverpool Football Club? klub asal Kota Merseyside Inggris ini kembali berjaya dalam kurun waktu 2 musim terakhir setelah hampir 15 tahun tidak menjuarai trofi mayor. Berturut-turut Liverpool menjuarai Liga Champions, Super Cup Eropa, Piala Dunia Antar Klub dan yang terbaru menjuarai Liga Inggris untuk pertama kalinya sejak tahun 1990 silam.

Sukses besar itu tentunya berbanding lurus dengan pendapatan klub yang berjalan beriringan dengan prestasi.  Pendapatan kotor Liverpool meningkat dua kali lipat dibandingkan dua musim lalu. Jika Pada tahun 2017 pendapatan Liverpool mencapai 364.2m atau sekitar 6.5 Triliun rupiah, pendapatan Liverpool tahun 2019 mencapai 533m atau sekitar 9.52 triliun rupiah. 

Pertumbuhan Pendapatan Liverpool Dari Tahun ke Tahun Pasca Krisis 2009. @TheAthleticUK.
Pertumbuhan Pendapatan Liverpool Dari Tahun ke Tahun Pasca Krisis 2009. @TheAthleticUK.

Seperti diketahui, kerjasama Liverpool dan Nike sebenarnya sudah sah per 1 Juni kemarin namun berhubung dampak pandemi, Liverpool, Nike dan New Balance sepakat untuk tetap memakai jasa NB hingga 31 Juli mendatang atau hingga musim 19/20 selesai.


Artinya, Nike dan Liverpool baru akan benar-benar mulai bekerja sama per tanggal 1 Agustus 2020 yang kabarnya bertepatan dengan rilis Jersey Liverpool home, away dan 3rd.

Nike sangat antusias untuk segera bekerja sama dengan Liverpool, pasalnya pada musim ini, Liverpool memecahkan rekor  penjualan jersey bersama NB yang mencapai 1.7 juta pcs yang nilainya mencapai 102m atau jika dirupiahkan sekitar 1.83 triliun rupiah, dengan estimasi rata-rata penjualan Jersey sekitar 60 per pcs. Bagaimana jika diatas 60? Tentunya akan lebih besar bukan?

Nilai kontrak Liverpool bersama Nike mencapai 30m per musim, angka ini memang lebih rendah dari NB yang berkisar diangka 45m namun Nike menyertakan klausul bagi hasil senilai 30% + bonus dari penjualan merchandise akan diberikan ke Liverpool.

NB sempat melemparkan tawaran kenaikan nilai kontrak melebihi Nike yakni sekitar 60m namun Liverpool menolak tawaran tersebut karena Nike dinilai lebih "menjual" dibandingkan NB. Sekitar 50% pemain Liverpool disponsori oleh Nike, sisanya Adidas, dan New Balance. Satu-satunya pemain Liverpool yang menggunakan Apparel NB adalah Sadio Mane.

Dalam klausul kontrak yang ditandatangani NB pada tahun 2015, ada suatu Klausul yang dinamakan matching right dimana sang pemegang kontrak berhak untuk memperpanjang kontraknya. Inti dari klausul tersebut adalah memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi sponsor terdahulu (dalam hal ini NB) untuk menyanggupi penawaran calon-calon sponsor baru (Nike).

Kasus ini sempat naik ke meja hijau guna mengatasi kisruh yang memperebutkan Liverpool. NB akhirnya kalah dan dengan berat hati merelakan Liverpool ke pelukan Nike.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan