Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli Gizi

Lecturer at Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik ❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Music Artikel Utama

Kenalin Kalimba, daripada Jempol Cuma Buat Julid Mending Main Musik

6 Agustus 2020   21:40 Diperbarui: 7 Agustus 2020   16:17 1271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri | Namanya kalimba. Cara memainkannya cukup dengan dua ibu jarimu.

Apa kalau yang main laki-laki, jadi kalimas? #apasih

Pernah mendengar kata kalimba? Jika masih terasa baru, saya akan mengenalkan alat musik asal Afrika bagian selatan ini.

Alat musik yang kelihatannya sederhana tetapi ternyata tidak semudah itu ketika belajar memainkannya. Atau jika sudah tahu bahkan pernah mendengarkannya, saya kira pasti kamu akan setuju dengan apa kata saya ini deh.

Mencoba Belajar Musik yang Kelihatannya Asyik

Ada beberapa alat musik yang ada di rumah saya saat ini. Selain gitar dan pianika yang sudah ada sejak saya duduk di bangku SMA, baru-baru ini saya menambah alat musik lainnya. Membeli ukulele, piano lipat dan juga yang paling baru adalah kalimba. Ya, selama banyak waktu di rumah rupanya membuat saya menambah koleksi alat musik.

Oya, karena bukan dari keluarga yang pandai bermain musik, semua alat musik di rumah masih dalam kategori sedang dipelajari. Jadi jangan heran mengapa sampai sekarang belum ada satu alat pun yang benar-benar saya bisa pamerkan. Masih cupu.

Entah mengapa saya senang sekali melihat orang yang bisa bermain musik. Yang pada akhirnya membuat saya (tergoda) ingin mempelajarinya juga (atau cuma beli). Walau seperti yang sudah sering dialami, semua tidak semudah kelihatannya. 

Yap. Saat ini belajar bermain musik menjadi salah satu kegiatan pengisi waktu saya di rumah dan untuk sebulan terakhir  ini saya sedang mempelajari alat musik yang sudah menjadi fokus sejak awal. Kalimba.

Kalimba, Alat Musik dengan Suara Mirip Kotak Musik

Berawalan dari ketidaksengajaan saya mengetahui alat musik ini. Sekilas saat mendengarkan suara yang dihasilkan seperti kotak musik yang biasanya akan mengeluarkan bunyi ketika kita membukanya atau memutar tuasnya. Ya, segemas itu.

Apalagi waktu itu saya melihat video kalimba dengan latar belakang pesisir pantai. Duh, rasanya yang dimanjakan bukan hanya telinga tetapi juga mata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun