Mohon tunggu...
Lisa Selvia M.
Lisa Selvia M. Mohon Tunggu... Freelancer - Literasi antara diriku, dirimu, dirinya

Anti makanan tidak enak | Suka ke tempat unik yang dekat-dekat | Emosi kalau nemu hoaks

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Ada Kegiatan Apa Antara Para Model, Fotografer dan Kucing di Taman Menteng?

31 Maret 2019   01:52 Diperbarui: 31 Maret 2019   18:00 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berpose dengan kucing Bengal-ISFAMS (dok. Billy)

Pada hari Minggu siang (24/03/2019), di taman Menteng, Jakarta tampak pemandangan tidak lazim. Perkiraan saya ada kisaran belasan model sedang berpose ditemani kucing dan diikuti rombongan fotografer siap mengabadikan momen ini. 

Tak jauh dari model akan ada TL (Tim Leader biasanya pemilik kucing) yang siap membantu.Mulai dari pose si model mengangkat si kucing, bermain-main, berpelukan sampai sibuk menahan si kucing yang mau kabur.

Kalau pose terakhir itu sebenarnya saya dan kucing yang saya gendong. Yang bernama Jack D, ras kucing bengal. Menurut pemilik Jack D, ada trik untuk menggendongnya. Yah, 5 menit pertama dia tampak nyaman. 

Sesudah itu dia siap-siap kabur dan akhirnya saya menyerah, walau belum puas berpelukkan dengannya. Dengan segera Jack D meloncat dari pundak saya ke kandangnya yang nyaman. Ah, rupanya dia kepanasan terlihat dia menjulurkan lidahnya. Langsung dia berpose santai di tempat tidur yang diletakkan di dalam kandang.

Sebelumnya saya sempat berfoto dengan si Kuri, kucing ras dengan jenis kuping terlipat ke luar. Kata teman saya, kupingnya itu gara-gara diisengi oleh pemiliknya, ahahaa. Soalnya dia suka melipat telinga kucingnya. Padahal ya, aslinya memang seperti itu.

Nah, kalau dengan si Kuri memang momen pengambilan fotonya mudah. Hanya sering sekali dia menengok ke kanan dan ke kiri dengan cepat. Entah senang digendong atau ketakutan Jadi saya harus menyesuaikan. Semakin lama saya gendong, semakin erat dia memeluk saya. Bahkan sampai leher saya dilingkari kedua kaki berbulunya. Tak lama kemudian seorang model meminjam dia untuk berfoto dengannya.

Menggendong si Kuri (dok. Billy)
Menggendong si Kuri (dok. Billy)
Kucing favorit saya adalah Nainai. Menurut cerita Ayu dan Dewi dari ISFAMS (Indonesia street feeder family), Penyelenggara acara bertajuk Puss in Boots, Nainai adalah kucing liar dari Pasar Minggu. Dia di-'rescue' karena perutnya besar sekali. Diperkirakan terkena penyakit berbahaya. Setelah diperiksa ke dokter ternyata dia memang kucing yang sangat gendut. Uh, menggemaskan bukan?
Menggendong si Kuri (dok. Billy)
Menggendong si Kuri (dok. Billy)
Saya sempat bertanya kepada Ayu dan Dewi, acara apakah ini dan tujuannya apa? "Jenis acaranya adalah foto booth" jawab Ayu. Bertema Puss in Boots. Bertujuan untuk penggalangan dana kegiatan pemberian makan kucing liar wilayah Jakarta dan Bekasi. Bagaimana acara pencarian dana ini bisa berkolaborasi dengan foto model? Ternyata humas dari ISFAMS, biasa dipanggil mas Ben adalah fotografer. Jadi bisa terbentuklah ajang berfoto para foto model dengan kucing-kucing ini.

Ketika pertama kali saya diajak ke acara ini saya kira hanya ajang foto model dan fotografer saja . Tapi di dalam taman, banyak ditemui kandang-kandang portable berisikan kucing di dalamnya. Beberapa saat kemudian, ada edaran kardus-kardus yang ditempelkan gambar kucing yang membutuhkan pertolongan. 

Awalnya perkiraan saya, kebetulan saja ada acara penggalangan dana untuk kucing liar. Setelah saya mengetahui bisa berfoto dengan kucing-kucing ini, langsung bersemangat memilih kucing untuk menjadi teman foto saya.

Juga tidak lupa memberikan sedikit sumbangan. Mari mendukung kegiatan ISFAMS agar tetap berjalan terus. Kalau penasaran bisa cek saja Instagram mereka @ind.streetfeeder . 

Bagi yang tidak suka kucing liar, tolong jangan menyakiti atau mengusili mereka. Memang ada yang suka mencuri makanan, tapi mereka melakukan hal itu untuk hidup. Kalau yang suka dengan kucing dan mau berdonasi atau menyumbangkan tenaga, bisa cek media sosial yang sudah saya sebutkan di atas. (***)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun