Mohon tunggu...
Lisa Selvia M.
Lisa Selvia M. Mohon Tunggu... Freelancer - Literasi antara diriku, dirimu, dirinya

Anti makanan tidak enak | Suka ke tempat unik yang dekat-dekat | Emosi kalau nemu hoaks

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Berani Coba Udang Dimasak dengan Coke?

4 Maret 2019   03:40 Diperbarui: 4 Maret 2019   05:03 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Udang Rambut (sumber : penulis)

Menu menantang ini tersedia di restoran keluarga bernama Fish Master Restaurant. Baiklah, langsung saja ke menu yang membuat penasaran.

Spice Cola Prawn

Pertama kali saya mendengar nama menu ini, Spice Cola Prawn, dari pemilik restoran Seafood Fish Master yang kerap dipanggil Pak Arden. Dalam benak saya, rasanya aneh mungkin ? Kok bisa coke dimasukkan ke dalam masakan.

Pengalaman saya yang mirip-mirip seperti ini. Waktu itu pernah mencoba hidangan dari bos saya terdahulu di rumahnya yang terletak di Kelapa Gading namanya Udang  Sprite. Saya ceritakan kepada Arden dibalasnya bahwa tentu sangat berbeda. Karena Sprite itu lebih ke rasa Lemon. Mendengar penjelasan cara masak si Udang saos coke kalau saya boleh namakan biar lebih ke Indonesia, sangat memerlukan keahlian khusus. Kokinya yang dipercayakan untuk mengeksekusi menu ini hanya yang ahli saja tekan pemilik restoran yang terletak di daerah Bintaro sektor 9.

Baiklah, karena pada dasarnya saya suka merasa tertantang untuk mencoba menu yang antimainstream istilahnya gantengnya membuat Spice Cola Prawn terhidang di depan mata, dengan sedikit kuah mirip olahan Udang saos mentega. Penampakkan ukuran udang yang besar dengan daging yang tebal sangat menggoda. Ditambah pemanis potongan sayur dan irisan kecil cabai.

Satu suap udang meluncur dengan sempurna untuk diproses oleh indera perasa lidah saya. Setelah dikecap, rasa udang berbaur rasa manis dan gurih. Tidak ada rasa aneh justru kata enak muncul dalam pikiran saya. Agak bingung, di mana rasa Coke sebanyak 250 ml yang digunakan untuk setiap porsi menu ini ? Setelah ditelan, baru keluar rasa Coke di tenggorokkan. Sensasi dan pengalaman makan unik yang hanya bisa dirasakan di restoran ini. Karena menu ini adalah resep buatan pribadi sang pemilik yang dulunya adalah koki.

Spice Cola Prawn (sumber : penulis)
Spice Cola Prawn (sumber : penulis)
Sop Gurame Fish Master

Sebelum mencoba si Spice Cola Prawn, saya sempat merasakan Sop Gurame Fish Master. Resep menu ini berasal dari resep jaman dulu kata Arden. Biasanya kakek-kakek yang mengetahuinya tambahnya. Tapi yang tersedia di sini sudah mengalami modifikasi. "Awalnya chinese style tapi sekarang dengan rasa ke Indonesia style" kata Arden. Ikan Gurame segar selalu tersedia di kolam yang terletak di bagian dalam untuk mensuplai berbagai menu. Biasanya dalam 2 hari st ok ikan sudah habis.

Sop Gurame Fish Master kuahnya tidak bening, seperti dimasak menggunakan krim. Setelah saya tanya ternyata tidak ada menggunakan krim sama sekali. Tetapi karena ada potongan lobak di dalamnya. Pada saat Sop Gurame Fish Master terhidang, aroma langsung memenuhi ruangan, sangat harum. Sesapan pertama rasanya segar, daging ikan Gurame tidak ada bau tanah diakhiri saya pedas yang pas. Mantap benar. Di dalamnya ternyata ada sayur asin. Saya coba ternyata cocok sekali dengan ikan Gurame. Tak terasa saya sudah menghabiskan 3 mangkuk kecil plus dengan kuah-kuahnya. Untuk satu porsinya pun tidak mahal hanya Rp75.000,-++

Ternyata menu ini paling sering diorder melalui aplikasi Go-food selain makan di tempat. Berarti dibawa pulang tetap enak. Karena tidak semua masih makanan terasa lezat ketika tidak dimakan langsung di tempat. Caranya tinggal dipanaskan saja ulang.

Sup Gurame Fish Master (sumber : penulis)
Sup Gurame Fish Master (sumber : penulis)
Udang Rambut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun