Mohon tunggu...
Lintang PutriAnsani
Lintang PutriAnsani Mohon Tunggu... Lainnya - Suka Menonton kartun anak-anak

Suka Kuliner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Menggambar sebagai Media Ekspresi Diri

1 Agustus 2021   00:09 Diperbarui: 1 Agustus 2021   00:49 65 2 0 Mohon Tunggu...

Adanya kebijakan pembelajaran jarak jauh tentunya membuat anak bertanya-tanya "Kapan mereka akan mulai sekolah tatap muka, bertemu guru dan teman-teman?" Rasa jenuh dan bosan pastinya dialami oleh siswa-siswi karena kesehariannya hanya dihabiskan di rumah dan lingkungan dekat rumahnya. 

Kondisi saat ini membuat aktivitas siswa terbatas, tetapi hal ini jangan jadikan sebagai alasan untuk tidak berkembang. Berbagai hal tetap perlu diupayakan, terutama untuk perkembangan anak usia sekolah dasar. Kegiatan selama belajar dari rumah atau pembelajaran jarak jauh perlu miarahkan untuk tetap merangsang perkembangan kognitif, afektif dan psikomotornya.

Lintang Putri Ansani, salah satu mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, yang merupakan mahasiswa di Kampus UPI di Cibiru telah melaksanakan kegiatan KKN Tematik UPI 2021. Salah satu agenda KKN-nya berupa pemberian pendampingan kepada siswa di lingkungan sekitar rumah yang beralamat di Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, RT 002 RW 004. Lintang mengajak anak-anak sekolah dasar yang juga merupakan tetangganya itu untuk tetap kreatif meski pada saat pandemi Covid-19.

Baginya pemberian stimulus-stimulus dapat membuat anak aktif dan melatih kemampuan kognitif, afektif, serta psikomotor dalam diri anak. Oleh karena itu, Lintang Putri Ansani mengajak anak-anak tersebut untuk berkreasi membuat gambar sesuai imajinasi dan fantasi yang mereka miliki. Anak-anak usia sekolah dasar suka membuat coretan-coretan abstrak dalam buku tulisnya. Hal tersebut dapat dikatakan anak sedang menuangkan perasaannya yang tidak bisa dituliskan atau diungkapkan. Alat atau media yang digunakan juga bervariasi. Anak-anak dapat menggunakan alat mengambar yang paling mereka sukai. Dengan kegiatan ini, mood atau rasa suka anak untuk kegiatan belajar berikutnya dapat meningkatkan. Kegiatan tersebut dilakukan hari Jumat, 23 Juli 2021.

Anak-anak terlihat antusias saat diminta berekspresi dengan membuat kreasi gambar. Kegiatan tersebut dapat membantu anak untuk meningkatkan kreativitas serta dengan berekspresi melalui gambar. Di samping itu, anak dapat menumpahkan segala rasa yang sedang dialaminya dan menjadi sebuah hasil karya gambar yang dibuatnya. Kegiatan tersebut tentunya menjadi hal positif dalam upaya mengarahkan anak untuk mengisi waktu luang, waktu belajar di rumah, sembari melatih anak meningkatkan kreativitas melalui karya imajinasi.

Lintang Putri Ansani berharap kegiatan ini dapat membantu anak-anak di lingkungan sekitar rumah dapat mengoptimalkan perkembangan minat, bakat, serta kecerdasan seni setiap anak. Semoga dengan kegiatan pendampingan selama KKN ini dapat meningkatkan minat dan motivasi untuk berkreasi menuangkan ide-idenya serta memvisualisasikan imajinasi dan fantasi dalam sebuah karya. Dengan demikian, orang tua juga pasti akan merasa senang melihat kegiatan aktif dan kreatif anaknya.

Lintang Putri Ansani, 1808259

KKN UPI 2021, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus UPI di Cibiru

DPL: Fully Rakhmayanti, M.Pd.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x