Mohon tunggu...
Lingua ayzaara
Lingua ayzaara Mohon Tunggu... Editor - AYU PURNAMASARI - An Educator

Menyukai bidang bahas Inggris, pendidikan, translator, dan content creator.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ciri Guru Inspiratif

15 Juli 2022   12:58 Diperbarui: 15 Juli 2022   13:05 61 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bismillah

Assalamualaikum educators, kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk menjadi seorang guru yang inspiratif. Meskipun saya sendiri sebenarnya masih belajar untuk menjadi guru yang inspiratif bagi peserta didik di sekolah.

Educators semuanya pasti sudah tidak asing lagi dengan ciri-ciri guru inspiratif, karena saya yakin educators semuanya disini adalah guru yang inspiratif dan inovatif tentunya. Kita semua tahu bahwa menjadi seorang guru yang inspiratif memang tidak mudah. Kita diharuskan untuk tidak hanya mampu mengajarkan materi pelajaran, tetapi juga mampu menjadi inspirasi bagi peserta didik kita disekolah. Dibawah ini saya sudah merangkum sedikit ciri-ciri agar kita semua menjadi guru yang inspiratif, diantaranya :

  1. Memiliki Antusiasme Besar.

Untuk menjadi seorang guru, kita harus memiliki antusiasme dalam mengajar dikelas. Artinya kita memiliki semangat untuk bertemu dengan peserta didik kita. Kita menyebarkan senyum ramah meskipun terkadang saya yakin seorang guru pasti juga memiliki masalah hidup tetapi saat bertemu dengan peserta didik kita harus mengenyampingkan itu semua. Dalam sebuah penelitian juga dikatakan jika seseorang membawa vibes yang positif maka orang yang ada disekitarnya juga akan terbawa dalam positifve vibes orang tersebut.

  1. Menjalin Hubungan Baik Kepada Sesama

Seorang guru disekolah tidak hanya bertemu dengan peserta didik saja, tetapi kita juga bertemu dengan rekan guru yang lain, kepala sekolah, dan civitas akademika sekolah lainnya. Dimana kita harus menjaga hubungan baik antar sesama. Agar terciptanya suatu lingkungan yang baik dan adanya dukungan antar sesama agar kita mampu bersama-sama menjadi guru yang saling menginspirasi dan berkembang bersama.

  1. Pengajaran Inovatif

Tugas utama seorang guru adalah mengajar di kelas. Dalam proses belajar dan mengajar tentu seorang guru harus mempersiapkan yang namanya RPP, perangkat pembelajaran, metode pembelajaran dan tentunya harus mampu menguasai materi dengan baik. Tetapi banyak dari kita terkadang hanya berfokus pada salah satu tujuan pembelajaran yaitu tercapainya materi kepada peserta didik sehingga melupakan berbagai inovasi pembelajaran yang bisa membuat anak lebih semangat untuk belajar dikelas. Seringkali metode pembelajaran yang digunakan guru cenderung monoton yang membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh. Maka dari itu guru yang inspiratif juga memiliki pengajaran yang inovatif dan kreatif seperti games, proses bernalar kritis, belajar outdoor dan lain sebagainya sehingga peserta didik menikmati proses belajar dengan menyenangkan dan tentunya lebih mudah dipahami.

  1. Manajemen Kelas Yang Positif

Proses belajar dan mengajar disekolah tentu dilakukan di dalam kelas. Saat di kelas seorang guru sudah harus siap dengan berbagai macam karakter dan tingkah laku peserta didik. Ada kalanya peserta didik semangat untuk menerima materi, tetapi ada kalanya peserta didik kita merasa capek, lelah, low motivation, atau perasaan lainnya yang tidak bisa kita kontrol. Maka dari itu sebagai seorang guru kita juga harus peka dan menyadari kondisi peserta didik kita. Kita juga harus fleksible dalam proses pembelajaran dikelas. Karena jika dipaksakan saat kondisi anak tidak semangat dan low motivation tentu materi yang kita sampaikan tidak akan diterima dengan baik. Sebagai guru yang inspiratif kita juga harus bisa membangun motivasi yang baik untuk peserta didik kita, memberikan semangat, memberikan positive vibes dan memberikan pelajaran hidup yang membangkitkan semangat peserta didik untuk kembali belajar dan mengejar cita-citanya.

  1. Tujuan Pengajaran Relevan Dengan Era Terkini

Sebagai seorang guru kita juga dituntut harus melek dengan informasi pendidikan terkini. Kita harus selalu meng-upgrade diri tentang digitalisasi yang berkembang saat ini, sehingga kita dapat mengerti dan memahami tujuan pengajaran yang disesuaikan dengan era terkini. Apalagi kita tahu jika di Indonesia sudah mengacu pada kurikulum merdeka yang mana tujuan ini untuk menciptakan 6 profil pelajar pancasila yaitu; beriman dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, bernalar kritis, mandiri, dan kreatif.

Semoga saya dan educators semua mampu menjadi guru yang inspiratif bagi peserta didik kita.

Semoga bermanfaat...:)

Wassalamu'alaikum.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan