Mohon tunggu...
Linggom Malau
Linggom Malau Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Ekonomi

Saya sangat menyukai topik ekonomi, bisnis, self development, dan sustainability.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Bantu UMKM RW 7 Mugassari Menggunakan TikTok untuk Alat Promosi Produknya

11 Agustus 2022   00:04 Diperbarui: 11 Agustus 2022   00:10 245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era modern ini, teknologi berkembang sangat pesat. Hal ini memberikan banyak dampak bagi kehidupan manusia. Keberadaan teknologi sangat membantu dalam mempermudah kehidupan masyarakat terutama kemajuan teknologi dibidang internet. Keberadaan internet sangat membantu seseorang karena memudahkannya memperoleh informasi, mempercepat aktivitasnya dan menciptakan ruang bagi setiap orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, juga mempengaruhi manusia. Beragam aktivitas bisnis, mulai dari pelaku usaha kecil hingga pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) hingga  pengusaha sukses, semuanya berlomba-lomba memanfaatkan perkembangan internet untuk mendukung usahanya. Salah satu alasan mengapa internet dan media sosial sebagai media periklanan adalah karena  media sosial memungkinkan kami menjangkau orang-orang tanpa batasan waktu dan geografis, sehingga memperoleh pangsa pasar yang lebih besar. Ini jelas sangat menguntungkan dari sudut pandang bisnis. Semakin banyak orang memanfaatkan Internet dan media sosial  sebagai peluang bisnis, dan penggunaannya semakin nyata. Semakin banyak inovasi media sosial  seperti Facebook, Twitter dan Youtube. 

Pada tahun 2020, TikTok adalah platform media sosial yang dicintai oleh remaja dan orang dewasa. TikTok sebenarnya sudah ada sebelum tahun 2020, namun tahun ini meningkat.Menurut data statistik, pengguna TikTok di Indonesia mencapai 30,7 juta, menjadikannya sebagai pengguna TikTok kategori tertinggi keempat di dunia. Indonesia menempati urutan kedua setelah Brasil (Katadata, 2020). Bahkan di masa pandemi ini, jumlah pengguna aplikasi TikTok  di Indonesia meningkat sekitar 20%. Hal itu diungkapkan  Angga Anugrah Putra selaku Hadist dari konten TikTok dan interaksi pengguna dalam video conference, Senin (18/5). (Katadata, 2020). Banyaknya pengguna TikTok di berbagai negara, termasuk Indonesia sendiri, menciptakan peluang dan  potensi bisnis bagi sebagian orang. , karena TikTok memiliki fitur  menarik dan database yang lengkap. Selain itu, aplikasi TikTok  sedang meningkat hari ini, dan UMKM mungkin mendapatkan keuntungan bisnis dari TikTok. Penggunaan TikTok dalam bisnis berubah dari media hiburan menjadi alat strategi bisnis. Berkaitan dengan hal tersebut, Rongers dalam Cangara (2014) menyatakan bahwa strategi komunikasi merupakan salah satu cetak biru yang dikembangkan untuk mengubah perilaku manusia dalam skala yang lebih besar melalui transmisi ide-ide baru. Untuk itu, pilihan-pilihan strategis dalam perencanaan komunikasi harus dibuat dengan hati-hati. Karena akibat salah strategi bisa berakibat fatal  terutama kerugian  waktu, materi dan tenaga. (Ridho, 2018).

dokpri
dokpri

Melihat potensi TikTok yang sangat besar, sangatlah bisa dimanfaatkan untuk menunjang penjualan produk UMKM makanan dan minuman di RW 7 Mugassari. Penulis menginisiasikan adanya video marketing berdurasi 1-3 menit dengan tema "hidden gem di Kota Semarang" yang akan diangkat di TikTok sebagai bentuk promosi. Semoga dengan adanya program ini dapat membuat tingkat awareness penduduk Kota Semarang akan UMKM di RW 7 Kelurahan Mugassari semakin meningkat yang lantas diharapkan dapat meningkatkan jumlah penjualan UMKM tersebut.

Penulis: Linggom Bona Anggara

DPL: Rosyida, S.P., M.Sc.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun