Mohon tunggu...
Linda Septiani Sebianto
Linda Septiani Sebianto Mohon Tunggu... Lainnya - Study and Travel

In this blog, I will focus on providing content about study, student exchange, cultural exchange, and world tourist attractions.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

10 Tips Naik Pesawat Khusus Peserta PMM

14 Juli 2022   07:59 Diperbarui: 14 Juli 2022   08:03 1798 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jendela Pesawat (Dokpri)

Hallo Sobat PMM!

Naik burung besi mungkin bukan hal asing bagi beberapa orang, tetapi beberapa yang lain mungkin sudah lama hiatus tidak naik pesawat di masa pandemi Covid-19 ini karena takut tertular/menularkan atau tidak suka dengan regulasi yang ketat. Bahkan tidak jarang yang lainnya belum sama sekali naik pesawat terbang. Dan hal itu tidaklah masalah, jadi tidak perlu khawatir dan cukup stay calm aja ya. Linda hadir untuk memberikan tipsnya ke kalian semua berdasarkan pengalaman.

Apa yang berbeda dari tips naik pesawat pada umumnya?

Perbedaannya ada pada "Khusus Peserta PMM", ada hal unik yang hanya akan dirasakan anak PMM, biasanya sih orang nyebut sebagai privilege haha. Makin penasaran kan? kuyy kita bahas.

  1. Buat grub online baik itu di Whatsapp/Telegram/Line etc. sama sesama teman satu universitas yang berangkat dari bandara yang sama, jam yang sama, dan diterima di PT tujuan yang sama. Kenapa tuh Lin? karena PMM ini sifatnya kolektif ya teman-teman. Jadi tiket yang turun itu sekali beramai-ramai ada list namanya dan nantinya kalian akan check-in dan validate bareng untuk memudahkan kalian juga, diproses sekaligus barengan jadi ga pusing hehe kalau bisa ada leader ya biar makin mudah well-orginize. Tapi ada juga sih yang trip solo contohnya Jennie Kim Black Pink haha canda Jennie, so kalo kalian salah satunya juga tak mengapa kok. Keuntungan kalo kolektif tuh gini, bisa nebeng bagasi hahah  karena ada maskapai yang melebihkan kapasitas bagasi kalo beramai-ramai, atau teman kita ada yang bagasinya ga terpakai/masih longgar, bisa nyelip tuh.
  2. Cek ketentuan vaksin, rapid-test PCR/Antigen di bandara yang kamu gunakan.
  3. Pakailah almamater identitas kampus mu saat di bandara. Hal ini untuk memudahkan kalian berjumpa satu sama lain dan berkumpul di satu tempat yang sama. Apalagi yang almamaternya cerah bak masa depan, wuiiihhh eye catching bruhh...
  4. Datang lebih awal. Tau ga rasanya kejar-kejaran dengan waktu saat di bandara dengan barang bawaan segaban? cape bruh... cape banget loh... Kalian harus aware akan hal ini, datanglah lebih awal. Kita ga tahu kondisi bandara seramai apa, apalagi yang ngantri check in atau validasi. Teman ku waktu itu ga sempat menitipkan barang bawaan ke bagasi karena sudah mepet sama waktu penerbangan, alhasil barang bawaan ditinggal dan di-kargo in. Jadi repot kan? udah cukup pengalaman itu, kalian datanglah 3-4 jam lebih awal sebelum penerbangan agar tetap slayyyyy ahhaha. Ingat, 3-4 jam itu sudah di bandara ya hehehe jangan baru berangkat dari rumah, perkirakan juga lama perjalanan ke bandara apalagi yang memakai jasa angkutan umum. Dan kalkulasikan macet juga jangan lupa.
  5. Beban muatan barang bawaan jangan melebihi kapasitas bagasi. Perhatikan kalian naik maskapai apa, Lion kah? Citilink? Batik? Garuda? Air Asia? dan adakah free bagasi yang ditawarkan? dan berapa kapasitas maksimal nya? Biasanya free 20 kg bagasi dan 7 kg untuk kabin. Jadi jangan bawa semua seisi rumah ke asrama ya. Timbang dulu deh tapi tenang aja beban hidup ga masuk hitungan, berat kamu ga akan kuat biar Malaikat aja yang nimbang HAHAHAHAH. Oke serius, karena kalau tidak... kamu akan membayar bagasi baru yang dihitung perkilogram.
  6. Kamu harus tahu peraturan bandara, hak dan kewajiban kamu, seperti tidak boleh membawa benda tajam, senjata tajam, berbau tajam, bahan-bahan  yang dapat meledak, cairan gas, peraturan di kursi pesawat, mematikan gadget atau mode navigasi. Untuk spesifiknya kebetulan tidak Linda jelaskan, kalian bisa research ya.
  7. Gunakan pakaian yang nyaman. Kalau kamu tidak tahan dingin, boleh pakai pakaian yang agak tebal karena baik di bandara atau pesawat suhu cukup dingin ya. Dan jangan banyak embel-embelnya wkwkkw simple aja deh pokoknya senyamannya karena kita akan bertukar antar pulau, jam terbangnya lama xixixi apalagi yang ada transitnya juga.
  8. Akan sering kalian jumpai security check. Penting banget untuk meletakan identitas like KTP dan juga tiket pesawat/boarding pass di tempat yang mudah kalian jangkau untuk menyerahkan ke pihak security.
  9. Ikuti saja semua intruksi di dalam pesawat oleh awak kabin/pramugara/pramugari nya. Untuk yang baru pertama kali naik pesawat kalian bisa banget cek Youtube prosedurnya. Itu akan memudahkan kalian dan dapat memberikan kalian gambaran pasti sehingga mengurangi rasa bingung dan rasa khawatir bukan rasa yang pernah ada. 
  10. Yang suka nge-meal, tenang kalian boleh makan di pesawat. Ada juga hidangan di dalam pesawat yang dapat anda pesan (berbayar ya ga gratis wkwk tapi kalo pesawat delay waktu di bandara biasanya diganti dengan cemilan kok hahaha tapi ah ga suka gelayyyyy eh delayyyyy HAHAHAHAHAH ampun). Jadi mau pesan? eh kaya barista aja, maksudnya kalau mau pesan sistemnya pre-order ya teman-teman, 24 jam sebelum penerbangan. Kalau untuk makanan diet ada lagi beda jam kalo ga salah 48 jam sebelum. Cari tahu sendiri aja ya tentang ini, aku sih lebih milih bawa dari luar WKWKWK.

Cukup deh, terlalu banyak aturan nanti kalian pusing wkwkwk. Semoga bermanfaat ya dan semoga mendapatkan pengalaman menarik saat naik pesawat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan