Di masa sekarang, perkembangan Bisnis menjadi semakin ketat. Dalam meningkatkan suatu bisnis, Perusahaan menuntut pihak manajemen untuk menggunakan strategi bisnis yang baik bagi produk atau jasa yang dijualnya.Â
Perusahaan juga perlu menjaga komunikasi yang baik terhadap customer agar terjalin komunikasi bisnis yang baik dan terhindar dari adanya problem solving yang menyebabkan perusahaan tidak dapat bertahan dalam persaingan bisnis.Â
Oleh karena itu, Komunikasi merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan suatu organisasi.Â
Sebelum membahas mengenai problem solving dalam komunikasi bisnis. Kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan komunikasi dan komunikasi bisnis.
Komunikasi adalah adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan. Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal.Â
Menurut Himstreet dan Baty dalam Business communications principle and method, komunikasi bisnis adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan. Â
Komunikasi dalam dunia bisnis dibagi menjadi 2 bentuk dasar yaitu:
1. Komunikasi verbal
Komunikasi verbal merupakan komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik tertulis maupun lisan. Komunikasi verbal memiliki struktur teratur dan terorganisasi dengan baik.Â
Contoh komunikasi verbal yaitu pesan melalui surat,memo, teknologi komunikasi modern, rapat pimpinan,wawancara kerja, dll. Komunikasi yang efektif sangat bergantung pada keterampilan seseorang dalam mengirim maupun menerima pesan maka dari itu komunikasi harus disampaikan dengan baik.
2. Komunikasi nonverbal