Linda Erlina
Linda Erlina pelajar/mahasiswa

Pharmacist || Blogger || Sociopreneur at EMCEKAQU (Empowering Community through Economy & Health Quality Improvement). || Find out our new updates and activities at Website: http://emcekaqu.com, Facebook: https://www.facebook.com/emcekaqu , Instagram: @emcekaqu and Twitter: @EmcekaQu.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Koperasi Karyawan Salemba Enam, Model Koperasi "Zaman Now"

14 Juni 2018   02:49 Diperbarui: 14 Juni 2018   15:40 954 2 2
Koperasi Karyawan Salemba Enam, Model Koperasi "Zaman Now"
Website Koperasi Karyawan Salemba Enam FKUI (Sumber: http://kopkar.fk.ui.ac.id/)

Sejak kuliah saya selalu suka berbelanja di Koperasi Kampus saya. Betapa tidak, harga yang ditawarkan lebih murah apabila dibandingkan dengan toko sebelah. Pelayanannya pun ramah dan barang yang dijual juga sangat lengkap. Ibarat kata apa saja yang kita cari barangnya tersedia di koperasi, mulai dari perlengkapan alat tulis kantor (ATK), makanan dan minuman ringan, foto kopi materi kuliah, sembako dan sampai pembalut wanita pun tersedia. 

Saatnya lulus kuliah dan masuk ke dunia kerja, kebetulan saya diterima sebagai akademisi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan juga merangkap profesi sebagai blogger. Saya merasa senang, di Fakultas Kedokteran UI yang berlokasi di Salemba Raya Jakarta Pusat ini juga memiliki Koperasi Karyawan, yaitu Koperasi Karyawan Salemba Enam UI.

Jujur, selama ini saya hanya mengetahui bahwa berbelanja di koperasi harganya lebih murah. Pembelajaran di sekolah jaman SD, SMP dan SMA mengenai koperasi pun terbatas hanya pada koperasi itu menggalang dana dari para anggotanya. Koperasi akan menentukan besarnya jumlah setoran dan nanti akan ada pembagian hasil usaha selama periode waktu tertentu. Pengetahuan mengenai koperasi yang masih teoretis dan minim membuat saya penasaran.

Dalam pikiran saya, koperasi itu ya itu-itu saja dari "zaman baheula" sampai sekarang ya masih kuno. Semenjak saya bekerja di FKUI, ternyata saya sangat bersyukur dengan adanya Koperasi Karyawan Salemba Enam ini dan tentunya saya belajar jauh lebih dalam mengenai sistem koperasi di sini. Kabar baiknya adalah saya bisa ikut menjadi anggota karena kebetulan saya sudah masuk sebagai pegawai FKUI lebih dari satu tahun.

Apakah benar selama ini sistem koperasi hanya monoton dan kuno seperti yang diajarkan di sekolah? Pemikiran saya terhadap pertanyaan tersebut jelas salah total. Koperasi Karyawan Salemba Enam merupakan salah satu contoh dari koperasi "zaman now" yang memiliki konsep yang dinamis dengan tetap menganut prinsip dan nilai utama koperasi Indonesia.

Yuk, kenalan dulu dengan Koperasi Karyawan (Kopkar) Salemba Enam

Koperasi Karyawan Salemba Enam (Sumber: http://kopkar.fk.ui.ac.id/)
Koperasi Karyawan Salemba Enam (Sumber: http://kopkar.fk.ui.ac.id/)
Koperasi Karyawan (Kopkar) Salemba Enam sudah berdiri sejak 12 Agustus 2002 dengan Akta Pendirian Koperasi yang disahkan melalui SK Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah No. 02/BH/2002. Kopkar salemba Enam juga telah memiliki NPWP dan terdaftar sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak). Adapun tujuan utama pendirian koperasi adalah mengembangkan kesejahteraan anggota pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya.

Visi

Menjadi Divisi Koperasi Karyawan yang mampu meningkatkan hasil usaha ventura 300% pada tahun 2020 (dibandingkan dengan tahun 2015).

Misi

  • Memberikan layanan prima
  • Menyediakan produk dan jasa yang lengkap sesuai dengan kebutuhan anggota
  • Membantu menciptakan peluang usaha bagi anggota
  • Menjalankan manajemen organisasi yang transparan dan akuntabel dengan didukung oleh sistem informasi yang handal

Motto utama Kopkar Salemba Enam: dari, oleh dan untuk anggota

Ketua Kopkar Salemba Enam saat ini adalah Ibu Grethen Siregar, SE yang juga menjabat sebagai Koordinator Keuangan di FKUI. Adapun jumlah anggota kopkar Salemba Enam per Juni 2018 sebanyak 193 orang yang meliputi tenaga pendidikan, dosen dan pensiunan.

Adapun jenis simpanan yang tersedia yaitu simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan sukarela. Simpanan pokok sebesar 150 ribu dibayarkan satu kali saja pada saat pendaftaran anggota, simpanan wajib sebesar 30 ribu setiap bulan dan simpanan sukarela besarnya bebas sesuai kemampuan anggota yang dibayarkan juga setiap bulan. 

Motto Kopkar Salemba Enam dari, oleh dan untuk anggota tercermin pada proses pemilihan pengurusnya secara demokratis dan sistem keuangannya yang transparan. Adapun sisa hasil usaha (SHU) akan dibagikan setiap setahun sekali dalam rapat anggota tahunan, pengurus akan melaporkan laporan keuangan secara akuntabel kepada para anggota dan membagikan SHU mereka. Besarnya SHU merupakan hasil laporan keuangan dimana akan diperoleh laba hasil usaha yang telah dikurangi dengan pajak, hutang dan lain-lain.

Inovasi Kopkar Salemba Enam mulai dari Brain Snack, Kantin Sehat hingga Sistem Poin 

Berdasarkan informasi yang saya terima dari dr. Astrid Saraswaty Dewi, MARS selaku Koordinator Divisi Ventura (Pengembangan Bisnis) Kopkar Salemba Enam, saat ini tersedia beberapa layanan produk dan jasa.

Adapun layanan produk dan jasa meliputi:

1. Minimarket (Toko serba ada)

Ilustrasi minimarket (Sumber: www.dreamstime.com)
Ilustrasi minimarket (Sumber: www.dreamstime.com)
Minimarket ini menurut saya mirip seperti minimarket lainnya, lengkap produknya baik berupa makanan, minuman dan kebutuhan lainnya bahkan menu sarapan dan jajanan pasar seperti lemper, risol, bakpao juga tersedia di sini.

2. Penyediaan konsumsi (Brain Snack dan makanan)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3