Oleh : Lilis Laras Sari
Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo
Saat ini kasus COVID-19 semakin meresahkan masyarakat khususnya anak sekolah yang harus dituntut untuk belajar melalui online. Padahal tidak semua anak memiliki handphone untuk melakukan belajar online, dan juka tidak semua tempat tinggal anak terdapat signal yang mendukung.
Saya Lilis Laras Sari, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo, program studi PGSD membuat sebuah media pembelajaran khususnya materi IPA Sekolah Dasar dengan materi macam-macam hewan karnivora, herbivora, dan omnivora. Namun, saya juga menambahkan materi yaitu macam-macamhewan Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar.
Tujuan utama saya dalam membuat media ini yaitu untuk membantu siswa agar mudah dalam memahami materi, pada sisi lain untukmenarik minat peserta didik untuk belajar IPA agar tidak membosankan.
Kegiatan ini saya laksanakan di rumah, bertempat di Desa Somongari RT 03/03, Kec. Kaligesing, Kab. Purowejo yang diikuti oleh 2 siswa kelas 5.
Kegiatan ini dilakukan selama 4 kali pertemuan.
Pertemuan pertama kita melakukan kegiatan menyelesaikan pembuatan media, siswa adayang melakukan menggunting dan menempel, dengan kegiatan ini dapat melatih kerjasama antar teman.
Pertemuan kedua yaitu saya menjelaskan mengenai hewan ovipar, vivipar, dsb.
Pertemuan ketiga yaitu siswa melakukan kegiatan pengelompokan hewan berdasarkan keterangan jenis hewannya.
Pertemuan keempat diisi dengan siswa membuat kesimpulan dari pembelajaran yang sudah dilakukan.