Mohon tunggu...
Lilik Kistiana
Lilik Kistiana Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 2 Gamping

Senang mencoba yang hal baru yang menambah pengetahuan bagi diri sendiri, orang lain dan masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Pengawasan dan Pendampingan Anak dalam Penggunaan Gadget

31 Januari 2023   22:00 Diperbarui: 31 Januari 2023   21:59 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selamat malam sobat semuanya 

Di era digital saat ini, tidak bisa kita pungkiri bahwa pekerjaan dan aktivitas kegiatan manusia dapat dibantu dan dimudahkan dengan adanya teknologi, salah satu teknologi yang banyak dijumpai di sekitar kita  adalah gadget, salah satu contoh gadget yang paling sering kita lihat adalah HP, hampir setiap orang saat ini mempunyai sebuah gadget yang berupa HP, seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini gadget bisa kita gunakan untuk mengakses internet,  dan juga masih memiliki banyak kegunaan lainnya.  

Sekarang ini, hampir semua generasi menggunakan gadget, termasuk juga di kalangan anak-anak. Adanya fitur-fitur yang gampang diakses oleh anak-anak seperti game atau media sosial lainnya akan membuat anak semakin tertarik untuk bisa memiliki sebuah gadget, maka jangan heran kalau anak-anak saat ini sudah sangat terampil menggunakan semua fitur-fitur yang disediakan di dalam sebuah gadget atau HP tersebut. Bahkan ketrampilan anak-anak sekarang mengalahkan ketrampilan dari orang tua mereka.

Penggunaan gadget tentu saja mempunyai pengaruh atau dampak bagi anak-anak, entah itu dampak positif maupun negatif. Dalam tulisan ini saya akan menyampaikan beberapa hal terkait dengan dampak negatif penggunaan gadget yang berlebihan bagi anak dan juga bagaimana pendampingan dan pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget oleh anak-anak. 

Paling tidak ada tiga dampak negatif penggunaan gadget yang berlebihan bagi anak : 

1. Anak menjadi kecanduan  

Ketika anak menggunakan gadget yang terlalu lama dan tanpa pengawasan dari orang tua maka anak akan kecanduan dan sulit untuk dipisahkan dengan gadget.

2. Mengganggu kesehatan 

Jika anak-anak menggunakan gadget dalam waktu yang lama dan tidak memperhatikan jarak pandang dan pencahayaan yang benar, maka kesehatan mata akan terganggu.

3.  Kurang konsentrasi dan tidak fokus 

Kecanduan anak dengan pemakaian gadget yang terlalu lama, akan menyebabkan daya konsentrasi dan fokus anak dalam belajar menjadi terganggu karena keinginannya untuk selalu bermain gadget. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun