Mohon tunggu...
Liliek Purwanto
Liliek Purwanto Mohon Tunggu... Penulis - penulis

-

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ketika Orang "Semena-mena" Memberi Nama Makanan

12 Maret 2020   16:46 Diperbarui: 13 Maret 2020   14:12 328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: pixabay.com

Suatu sore saat perut berdenyut-denyut, saya menyingkap tudung saji di atas meja makan. Sudah pasti rasa lapar di perut yang menuntun saya mencari sesuap dua suap kudapan.

Memang rezeki tak kan lari dari tudung saji. Di balik penutup makanan berbahan rotan, teronggok dua potong penganan. Sebuah di antaranya menarik perhatian saya. Penganan itu berbentuk lingkaran dengan warna coklat berbintik-bintik putih, dan agak menggelembung pada bagian tengah.

Nyaris saja sepotong penganan itu langsung "lheb", meluncur deras melalui kerongkongan guna mendiamkan rongga perut yang berisik merindukan makanan. Bila hal itu yang terjadi, sepertinya cerita ini hanya akan berhenti sampai di sini.

Terhalang Rasa Penasaran
Entah malaikat mana yang tiba-tiba menghampiri dan membisikkan anjuran untuk menunda santap petang saya. Tangan yang telah telanjur terjulur ke mulut yang berlumur liur, tertahan sejenak untuk kemudian surut sebelum menyentuh mulut.

Sebenarnya sudah beberapa kali saya mendapati model makanan seperti ini. Namun entah kenapa, kali ini timbul tanda tanya dalam hati. Rasa penasaran menggoda otak saya memerintah hati agar membisiki perut untuk bersabar sebentar dari rasa lapar. 

Saya merasa perlu mengetahui dulu barang sedikit informasi tentang kue ini, sebelum nantinya teraduk lembut dalam rongga perut.

Maka, saya tenteng sebuah piring kecil berisi makanan kecil, dan saya sorongkan kepada istri yang tengah sibuk mengelap kursi. Segera saja saya mengajukan sebuah pertanyaan, "Ini kue apa sih, kok jarang lihat?"

Setelah mengerling sesaat, istri saya menjawab singkat, "Donat. Itu donat ayam."

Jleger!!! Tiba-tiba saja seperti datang sekelebat petir menyambar kepala yang mulai ditumbuhi uban meskipun saat itu tiada angin tiada hujan. Ini donat?!

Definisi Kue Donat
Apa yang Anda bayangkan tentang donat? Makanan berbentuk lingkaran yang ada lubang di tengahnya? Atau kue serupa cincin atau gelang yang---tentu saja--tengahnya bolong?

Jika seputar itu jawaban Anda, saya juga membayangkan hal yang serupa. Inti dari kue donat, yang seharusnya menjadi pembeda dengan jenis kue yang lainnya, adalah lubang yang berada di tengah-tengahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun