Mohon tunggu...
Liliek Purwanto
Liliek Purwanto Mohon Tunggu... Penulis - penulis

-

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menakar Kiprah Kepenulisan di Kompasiana

30 Januari 2019   17:27 Diperbarui: 31 Januari 2019   07:38 382
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya pernah berkarya di bagian statistik dan data dalam kurun waktu yang cukup lama. Salah satu tugas saya di sana adalah mengumpulkan dan menganalisa angka-angka. Saya menemukan sebuah keasyikan tersendiri saat tenggelam dalam tumpukan data.

Sebuah kepuasan batin akan saya dapatkan ketika bisa menyajikan hasil analisa data atas suatu program atau peristiwa. Hiasan berupa grafik dan gambar-gambar lainnya sering saya bubuhkan sebagai pelengkap laporan biar sedap dipandang mata.

Sudah cukup lama saya tinggalkan bidang analisa data. Namun kebiasaan mengutak-atik angka belum sirna dari pikiran saya. Kecenderungan untuk mengolah data yang tersaji di depan mata tetap selalu mengiringi perjalanan karir saya, di departemen mana pun saya ditugaskan.

Kini, ketika sedang tidak menemukan data yang bisa saya olah sedemikian rupa, saya melirik Kompasiana. Saya pikir di sana banyak tersedia data yang mungkin bisa saya mainkan untuk menghilangkan dahaga.

Senyampang masih berada di bulan Januari, waktunya banyak orang dan lembaga melakukan evaluasi, saya akan mencoba mengulas kiprah saya di Kompasiana. Hingga 31 Desember 2018, saya resmi menjadi member alias anggota Kompasiana selama sembilan bulan kurang empat hari. Jika diibaratkan seorang ibu yang mengandung, maka 14 hari lagi saya akan melahirkan bayi.

Kecenderungan sebagai Seorang Generalis

 Saya pernah merambah 12 kategori artikel di Kompasiana selama tahun 2018 lalu. Artikel saya paling banyak nongkrong di kategori humaniora. Melihat cukup banyaknya kategori yang pernah saya singgahi serta persentase jumlah artikel di kategori paling dominan yang hanya 29%, maka saya berkesimpulan bahwa saya cenderung merambah dunia kepenulisan selaku seorang generalis. Saya tidak memiliki kecenderungan yang kuat pada satu bidang bahasan tertentu.

Kategori-kategori artikel di Kompasiana yang pernah saya singgahi|Dokumentasi pribadi
Kategori-kategori artikel di Kompasiana yang pernah saya singgahi|Dokumentasi pribadi
Kondisi ini tentu saja berdampak pada kualitas tulisan-tulisan yang saya hasilkan. Tidak fokusnya saya pada suatu bidang tertentu menimbulkan tingkat kedalaman analisis yang sangat kurang. Selain tentu saja usia kiprah saya di Kompasiana serta kemampuan menulis saya yang memang sedang dalam tahap pembelajaran.

Konsistensi yang Belum Teruji

Konsistensi menulis saya di Kompasiana bisa ditilik pada grafik di bawah ini.

Jumlah artikel yang saya tayangkan tahun 2018|Dokumentasi pribadi
Jumlah artikel yang saya tayangkan tahun 2018|Dokumentasi pribadi
Secara umum, jumlah tulisan yang paling banyak saya tayangkan hanya sepuluh artikel per bulan. Jumlah yang sangat minim. Tayangan artikel terbanyak saya terjadi pada bulan Desember. Periode Juli hingga Oktober merupakan masa-masa paceklik bagi saya. Pada periode tersebut, saya hanya mampu menerbitkan paling banyak lima artikel per bulan. Bahkan di bulan Agustus dan Oktober, saya hanya mampu menayangkan masing-masing tiga artikel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun