Mohon tunggu...
Liliek Purwanto
Liliek Purwanto Mohon Tunggu... Penulis - penulis

-

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Membikin Anak Keranjingan Membaca (Bag 3)

26 Mei 2018   13:51 Diperbarui: 26 Mei 2018   14:11 591
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fase Tersulit

Kini, tibalah kami pada satu fase tersulit, memberi teladan. Karena buah tak kan jatuh jauh dari pohonnya, maka fase ini menjadi amat penting peranannya. Fauzil Adhim mengatakan bahwa orang tua merupakan model pertama dan utama dalam memberikan contoh yang baik. Orang tua harus sering membaca buku di depan anak. Anak-anak yang melihat orang tua mereka suka membaca, tak kan punya dalih "Ayah sama Bunda aja nggak suka baca" ketika kita mengajaknya membaca buku.

Meskipun di depan kami telah mendeklarasikan diri kami selaku insan pecinta buku, namun tetap saja hambatan kemalasan dan terutama daya tarik dunia di luar buku cukup menyulitkan kami menjadi sosok teladan pecinta buku.

Sesulit-sulitnya fase ini, kami terus berupaya untuk banyak bergaul dengan buku di tengah-tengah keluarga. Selain kami tunjukkan dengan membacakan buku kepada anak-anak, kami juga sedapat mungkin membaca buku-buku koleksi kami saat jeda pekerjaan. Ibarat peribahasa 'sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui', membaca memberikan dua manfaat sekaligus, kami beroleh ilmu dan anak-anak (mudah-mudahan) mendapatkan teladan.

Beberapa kondisi sulit sering menghadang fase berat ini. Selain hambatan yang berasal dari diri sendiri seperti keinginan untuk leyeh-leyeh melepas penat dengan bermalas-malasan, hadangan berat juga muncul dari luar. Gawai dan televisi bisa disebut sebagai dua biang kerok. Sungguh berat menyingkir dari kedua benda itu.

Gawai sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian kita. Si mesin pintar yang satu ini memang memiliki daya tarik luar biasa, serba tahu dan serba ada.

Berikutnya televisi. Sekuat-kuatnya tekad meminimalisir televisi, saya belum sanggup meninggalkan tayangan langsung tim-tim favorit Liga Indonesia dan Liga Eropa berlaga di lapangan hijau. Namun, di luar tayangan bola dan sedikit siaran berita, tidak banyak lagi tempat bagi si layar kaca untuk mejeng di rumah kami.

Katakan dengan Buku

Pergilah ke toko suvenir. Apakah Anda menemukan buku di sana? Saya tidak terlalu yakin Anda akan mendapatkannya. Apakah ini berarti buku tidak masuk kategori suvenir? Entahlah. Mungkin juga banyak pertimbangan lain mengapa buku tak pernah hadir di toko suvenir.

Demikian pula kebiasaan kebanyakan orang. Jarang sekali kita temukan anak berulang tahun mendapat kado buku. Mungkin juga hampir tidak pernah kita temui acara bagi-bagi kado di kantor--kantor terlihat buku sebagai salah satu isi kado di antara puluhan atau ratusan tumpukan kado. Atau pada lomba tujuh belasan, mungkinkah ada yang pernah melihat pemandangan sekelompok pemanjat antusias mencoba menggapai buku-buku yang bergelantungan di atas batang pinang?

Dok.pribadi
Dok.pribadi
Di tengah kelangkaan itu, kami mencoba membiasakan diri untuk mendefinisikan buku sebagai suvenir alias tanda mata, khususnya bagi anak-anak kami. Ketika zaman dulu kami masih sekali-sekali merayakan ulang tahun anak-anak kami, buku menjadi pilihan utama sebagai hadiah bagi mereka. Pada momen-momen lain yang memungkinkan, kami pun berusaha menghadiahkan buku atau alat tulis (selain es krim) bagi anak-anak.

Apa yang kami lakukan ternyata hampir sama dengan yang dilakukan Fauzil Adhim. Fauzil menghadiahkan buku pada hari-hari istimewa seperti pertama masuk Play Group, masuk TK atau ketika orang tua memperoleh karunia besar. Kebiasaan semacam ini akan memberikan pemahaman kepada anak bahwa buku adalah barang istimewa, memiliki nilai kasih sayang dan memberikan manfaat yang besar. Demikian yang dikatakan Fauzil dalam bukunya.

Saatnya Evaluasi

Langkah terakhir, evaluasi atas keseluruhan upaya dan hasil jerih payah kami. Evaluasi meliputi faktor-faktor yang berasal dari internal kami maupun pengaruh eksternal yang sulit kami kendalikan.

Pertama, kami menyadari betul, kami belum berani memasukkan diri kami ke dalam golongan orang-orang yang betul-betul patut menjadi suri tauladan anak-anak dalam hal kebiasaan dan kegemaran membaca buku. Kami masih selalu punya seribu alasan untuk "mangkir" dari membaca buku. Termasuk di dalamnya dua benda ajaib gawai dan televisi.

Kedua, musuh bagi anak-anak zaman now juga amat perkasa. Serangan gencar senantiasa menghajar anak-anak yang lengah. Tawaran manis media sosial dan berbagai permainan daring sangat melenakan mereka. Kami belum sanggup menjadikan buku semenarik gawai.

Berangkat dari kondisi tersebut, hasil yang kami peroleh belumlah sesuai harapan. Namun kami melihat adanya peningkatan kualitas keakraban anak-anak kami terhadap buku seiring dengan tambahnya ilmu dan pengalaman kami.

Di awal upaya kami, barangkali karena bekal ilmu yang belum cukup banyak dan belum ada pengalaman, anak laki-laki kami yang kini berada di awal masa remaja belum banyak melirik buku. Mereka masih sangat terbuai oleh pesona gawai dengan segala macam program yang ada di dalamnya. Namun demikian, dalam usia remajanya, mereka masih mau mendengarkan orang tuanya membacakan buku. Dan untuk buku-buku tertentu yang menarik minat, mereka mau membacanya hingga tuntas meskipun cukup tebal dan terdiri dari beberapa seri.

Selanjutnya, anak perempuan kami dengan level usia sedikit di bawah kakaknya, kelihatannya sudah menuju taraf "gila" membaca. Ia akan selalu "menghabisi" semua koleksi buku kesukaannya dalam kesempatan pertama. Ia nampak selalu haus bacaan. Ajakan ke toko buku menjadi semacam mantra ajaib yang bisa membuatnya beranjak secepat kucing tersiram air panas. Kini, kami yang selalu was-was menghitung anggaran. Sebab bila tidak dibatasi, ia akan "kesetanan" meraup buku-buku di toko andalannya.

Terakhir, anak lelaki kami yang berstatus bungsu kini baru tahap awal sekolah dasar. Ia tak pernah bisa tidur sebelum sebuah buku tuntas dibacakan. Apa pun jenis bukunya. Di luar jam tidur pun, ia tak kan menolak ajakan membaca buku. Salah satu tentengan kami kala bepergian dengannya adalah buku. Seperti kakak perempuannya, ia akan girang saat kami mengajaknya ke toko buku.

Demikian. Salam hangat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun