Mohon tunggu...
joanna
joanna Mohon Tunggu... -

-

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Apakah Epidemi HIV Sudah Berakhir?

31 Maret 2020   17:51 Diperbarui: 31 Maret 2020   18:08 117 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Epidemi HIV Sudah Berakhir?
reporternews.com

HIV bukanlah virus yang mudah untuk dikalahkan. Sejak tahun 1980-an sampai sekarang, 70 juta orang telah terinfeksi dan jumlah korban meninggal berada di kisaran 35 juta. Menurut data yang saya ambil dari WHO, nyaris 1 juta orang meninggal akibat AIDS per tahunnya. 

Hal tersebut terjadi karena banyak dari mereka yang tidak tahu mereka mengidap HIV dan tidak menjalani perawatan, atau memulai perawatan pada waktu yang telat. 

Data-data tersebut berkontradiksi dengan target dunia untuk mengakhiri HIV pada tahun 2030. Virus ini sudah ada sejak 30-an tahun yang lalu. Namun, tantangan yang dihadapi masih belum berubah. 

Kebanyakan kasus HIV yang terjadi baru-baru ini muncul dari populasi yang terpaksa untuk menutupi bahwa mereka mengidap AIDS seperti homoseksual, pengguna narkoba, pekerja seksual komersil atau mungkin orang-orang yang tidak diperhatikan masyarakat seperti pengungsi, migran atau orang yang cacat.  

Mengapa kita tidak ada yang berteriak marah-marah bahwa virus ini belum dikalahkan setelah 30 tahun? Mengapa tidak ada media massa yang ingin mengungkapkan hal ini? Kebanyakan dari kita memiliki kesulitan untuk mengakui bahwa alasan HIV sulit diberantas disebabkan oleh faktor sosial. 

Menurut saya, faktor utama pendorong AIDS adalah kemiskinan, diskriminasi dan ketidakadilan sosial. Kita sering mendukung orang-orang yang mengalami penyakit lain seperti kanker, tetapi jarang ada orang yang ingin membantu penderita AIDS. Stigma yang buruk terhadap pengidap HIV adalah batasan yang mendasar untuk melawan AIDS. 

Apa yang perlu diketahui tentang virus HIV?

1 dari 4 penderita AIDS tidak mengetahui bahwa mereka menderita penyakit ini. Banyak juga yang tidak tahu bagaimana virus ini menular dan tersebar. HIV biasanya tertular melalui seks tanpa kondom dan berbagi jarum. 

HIV juga dapat ditularkan dari ibu hamil ke bayinya jika si ibu tidak tahu bahwa ia mengidap HIV selama ini. HIV bukanlah virus yang tertular melalui kontak biasa seperti berjabat tangan, berbagi minuman, dsb.  

HIV menargetkan dan memutasikan bagian bagian dari sistem kekebalan tubuh. Jika seseorang dengan HIV tidak menerima pengobatan, HIV dapat berubah menjadi sindrom imunodefisiensi (AIDS). 

Cara melawan virus HIV masa kini:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x