Mohon tunggu...
Lidia Indriani
Lidia Indriani Mohon Tunggu... Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Aktivis Perempuan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Evaluasi Diri Sekolah Sebagai Pondasi Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) yang Berbasis Data

26 Juni 2025   16:30 Diperbarui: 26 Juni 2025   16:00 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perencanaan yang efektif dalam pengembangan sekolah tidak dapat dilepaskan dari kualitas data dan informasi yang digunakan sebagai pijakan. Dalam konteks manajemen berbasis sekolah, penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) menjadi bagian penting dari upaya peningkatan mutu secara berkelanjutan. Agar RPS benar-benar menjawab kebutuhan dan kondisi riil satuan pendidikan, maka penyusunan harus berbasis data yang valid dan komprehensif. Di sinilah Evaluasi Diri Sekolah (EDS) memainkan peran kunci sebagai fondasi awal yang menyediakan data objektif tentang pencapaian indikator mutu sekolah.

Evaluasi Diri Sekolah merupakan proses reflektif dan partisipatif yang digunakan untuk mengukur pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, serta tantangan dalam pengelolaan sekolah1. EDS tidak hanya berfungsi sebagai alat evaluatif, tetapi juga sebagai strategi pengembangan institusi yang mengarahkan perencanaan secara sistematis dan kontekstual.

Konsep dan Fungsi Evaluasi Diri Sekolah

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah proses internal yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk menilai kinerjanya berdasarkan indikator mutu yang telah ditetapkan oleh pemerintah2. Tujuan utama EDS adalah:

  1. Menyediakan gambaran menyeluruh tentang capaian sekolah.

  2. Menjadi dasar penyusunan rencana peningkatan mutu pendidikan.

  3. Mendorong budaya reflektif dan partisipatif dalam pengambilan keputusan.

EDS menjadi bagian tidak terpisahkan dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), yang menekankan siklus terus-menerus: penetapan standar, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan mutu3.

Rencana Pengembangan Sekolah (RPS): Tujuan dan Urgensinya

Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) adalah dokumen strategis yang memuat visi, misi, tujuan, program kerja, dan indikator capaian yang akan dijalankan oleh satuan pendidikan dalam jangka menengah (3-5 tahun)4. Penyusunan RPS harus mencerminkan kondisi objektif sekolah, melibatkan seluruh stakeholder, dan mengakomodasi tantangan serta peluang yang ada. Tanpa landasan data yang kuat, RPS cenderung menjadi dokumen formalitas yang tidak mampu mendorong transformasi nyata.

Evaluasi Diri Sekolah sebagai Fondasi RPS Berbasis Data

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun