Mohon tunggu...
Liana Pratiwi A T
Liana Pratiwi A T Mohon Tunggu... Psikologi UA

Mahasiswa Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Seberapa Peduli Kita terhadap Kesehatan Mental?

15 Juni 2019   16:10 Diperbarui: 16 Juni 2019   21:59 0 6 3 Mohon Tunggu...
Seberapa Peduli Kita terhadap Kesehatan Mental?
 Ilustrasi kesehatan mental. (Sumber: verywellmind.com)

Sebenarnya mental health ini sudah sangat sering dianggap remeh oleh masyarakat, terutama para remaja. Mental health ini berpengaruh besar terhadap perkembangan kognitif, perilaku, bahkan emosi kita. 

Sebenarnya mental health juga memengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Terkadang kesehatan mental dianggap tidak memiliki keterkaitan dengan adanya gangguan mental.

Definisi dari Mental Health itu sendiri menurut WHO (World Health Organization) adalah keadaan kesejahteraan di mana individu menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan kehidupan yang normal, dapat bekerja secara produktif dan berbuah, dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya. Jadi, WHO menekankan bahwa kesehatan mental bukan berarti tidak adanya gangguan mental.

Kesehatan mental memengaruhi cara kita berpikir, merasakan, dan melakukan sebuah tindakan. Hal ini juga dapat  membantu menentukan bagaimana kita mengatasi stres, berinteraksi, dan menentukan sebuah pilihan. Perhatian mengenai kesehatan mental ini sangat penting di setiap tahapan perkembangan kita mulai dari masa anak-anak hingga dewasa.

Seseorang dengan kesehatan mental yang baik akan lebih mudah mengembangkan kemampuannya dan menciptakan suatu hal yang positif bagi dirinya dan orang lain. 

Sebaliknya, bagi seseorang dengan kondisi kesehatan mental yang terganggu justru akan sering merasa gelisah, cemas, kacau, kemampuan berpikir terganggu, emosi yang tidak terkendali, dan berbagai macam hal lainnya yang dapat mengganggu aktifitas sehari-harinya dan berdampak buruk pada perilakunya.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit mental yang paling umum adalah gangguan kecemasan, gangguan mood, dan gangguan schizophrenia. Berikut penjelasan selengkapnya:

Anxiety Disorders.

Sumber: verywellmind.com
Sumber: verywellmind.com
Ini salah satu jenis penyakit mental yang paling umum. Anxiety Disorders ditandai saat individu memiliki kecemasan atau ketakutan yang sangat tinggi. Individu yang mengalami penyakit ini cenderung untuk menghindari objek atau situasi apapun yang memicu kecemasan mereka

Jenis golongan Anxiety Disorders antara lain:

Fobia. Fobia merupakan bentuk ketakutan yang tidak proporsional terhadap suatu objek, adapun fobia sosial yang ditandai dengan ketakutan terhadap penilaian orang lain, dan yang terakhir adalah agorafobia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x