Mohon tunggu...
Lia KamaliyaNurrosyada
Lia KamaliyaNurrosyada Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Hobiku jalan-jalan, cita-citaku menjadi orang yang bermanfaat untuk semua.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menyongsong Era Baru Pendidikan Agama Islam

29 April 2024   06:52 Diperbarui: 29 April 2024   06:56 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Transformasi Kurikulum PAI dalam Konteks Globalisasi


Pendidikan Agama Islam (PAI) telah menjadi bagian integral dari sistem pendidikan di banyak negara, khususnya di dunia Muslim. Seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan tuntutan global, transformasi kurikulum PAI menjadi suatu kebutuhan mendesak untuk mempersiapkan generasi masa depan yang mampu menghadapi tantangan kontemporer dengan pemahaman agama yang relevan.

A. Konteks Globalisasi dan Tantangan

Globalisasi telah mengubah lanskap sosial, budaya, dan ekonomi secara signifikan. Dalam konteks pendidikan agama, globalisasi memperkenalkan tantangan baru, seperti pluralisme agama, perkawinan lintas agama, dan akses mudah terhadap informasi dari berbagai sudut pandang. Transformasi kurikulum PAI perlu mempertimbangkan dinamika ini untuk memastikan relevansi dan efektivitas pendidikan agama Islam dalam menghadapi realitas zaman.

B. Konsep Transformasi Kurikulum PAI

1. Kontekstualisasi Materi: Kurikulum PAI yang baru harus mampu mengaitkan ajaran Islam dengan konteks kehidupan nyata yang dihadapi oleh siswa. Ini mencakup pemahaman tentang hak asasi manusia, teknologi, ekonomi global, dan isu-isu sosial lainnya.

2. Pendidikan Karakter: Selain memahami ajaran agama, penting bagi siswa untuk mengembangkan karakter yang kuat. Kurikulum PAI yang transformasional harus mendorong pengembangan sikap seperti toleransi, empati, dan keadilan.

3. Pembelajaran Aktif: Model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan interaktif menjadi kunci dalam transformasi kurikulum PAI. Melalui diskusi, proyek kolaboratif, dan pengalaman langsung, siswa dapat memahami konsep agama Islam secara lebih mendalam dan terapan.

4. Penggunaan Teknologi: Integrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas pembelajaran. Video pembelajaran, platform daring, dan aplikasi mobile dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih dinamis dan menarik.

C. Implementasi dan Tantangan

Meskipun konsep transformasi kurikulum PAI menjanjikan, implementasinya tidaklah mudah. Tantangan seperti kekurangan sumber daya, resistensi terhadap perubahan, dan pemahaman yang sempit tentang agama seringkali menjadi hambatan. Oleh karena itu, kerjasama antara pemerintah, institusi pendidikan, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya sangat penting untuk kesuksesan transformasi ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun