Mohon tunggu...
Lia Nuryuliani
Lia Nuryuliani Mohon Tunggu... Liaanuryuliani

Liaanuryuliani

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Perjalanan Karier Seorang Penyanyi Jazz

22 Mei 2019   20:22 Diperbarui: 22 Mei 2019   20:39 0 0 0 Mohon Tunggu...
Perjalanan Karier Seorang Penyanyi Jazz
Syaharani saat wawancara di Tanggerang | Sumber: Dokumentasi Pribadi

Syaharani atau yang memiliki nama lengkap Saira Syaharani Ibrahim akrab disapa Rani lahir di Batu, Jawa Timur 27 Juli 1971. Wanita berdarah Bone, Sulawaei Selatan ini adalah seorang penyanyi jazz. Karirnya di dunia tarik suara diawali pada tahun 1990, perjalanan karir yang ia rintis ini tidaklah mudah, diawali dengan bekerja paruh waktu sebagai penyanyi kafe untuk membiayai kehidupan sehari-hari, biaya kuliah dan sedikit membantu biaya keluarganya. Pada saat itu ia bertemu dengan Bubi Chen seorang musisi jazz. Pada penghujung tahun 1998 ia bergabung dengan grup Bubi Chen mengeluarkan album Jazz What a Wonderful World. Lalu satu tahun setelah Rani mengeluarkan album tersebut, ia mengeluarkan album solo pertamanya yang bertajuk Love.

Dalam memaksimalkan kualitasnya Rani mulai merambah musik Psikedelik dengan mengeluarkan album yang berjudul Magma tahun 2002.  Musik Psikedelik adalah musik yang memiliki ritme cenderung berubah-ubah, efek feedback mendominasi, serta pemilihan diksi yang tidak biasa bahkan sedikit aneh. Album ini berisi 11 lagu yang bernuansa Jazz, fusion, ethnic, dan trip hop yang menjadi satu. Setelah mengeluarkan 2 album Rani kembali lagi mengeluarkan album ketiganya yang berjudul Syaharani pada tahun 2004.

Album ketiganya ini lebih memaksimalkan natural jazz yang dimilikinya, terdapat 10 lagu diantaranya 9 lagu berbahasa Inggris yang diaransemen ulang dan 1 lagu berbahasa Indonesia karya Andi Mapalajalous. Pada tahun yang sama Rani juga pernah menggelar konser tunggalnya yang diadakan di Taman Ismail Marzuki (TIM) 30 Juni 2004. Konser dirancang dengan tema Croos Genre Music di dalamnya terdapat beberapa gabungan genre dan yang lebih menariknya penonton konser ini tidak dipungut biaya.

Tahun 2006 Rani menggandeng kedua teman lamanya yaitu Ahmad Didit Fareed dan Dony Suhendra mantan Gitaris Krakatau untuk menciptakan sebuah kolaborasi yang dinamakan Syaharani dan Queenfireworks dengan album bertajuk Buat Kamu. Album ini memiliki genre yang lebih bermacam-macam, antara lain; pop, jazz, rock n roll, blues, dan lain-lain. Selain itu, Syaharani dan Queenfireworks juga membuat merchandise berupa kaus dan topi yang bisa didapatkan di e-commerce maupun saat konser. Ruangan ini berada di rumahnya yang terletak di lantai atas yang digunakan oleh Rani dan teman-temannya untuk membicarakan tentang pembuatan lagu, mencari nada-nada dasar lagu, dan tempat mengobrol santai.

Ruang kerja di rumahnya | Sumber: Dokumentasi Pribadi
Ruang kerja di rumahnya | Sumber: Dokumentasi Pribadi
Ternyata selain menjadi penyanyi Jazz, Rani juga memiliki kemampuan dalam bidang seni peran. Hal ini terbukti saat ia mengikuti pementasan teater yang berjudul Madame Dasima dan Galery of Kisses. Selain teater Rani juga terlibat dalam pembuatan film layar lebar yang berjudul Garasi produksi dari Miles Film.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x