Mohon tunggu...
Leyla Imtichanah
Leyla Imtichanah Mohon Tunggu... Novelis - Penulis, Blogger, Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga dengan dua anak, dan penulis. Sudah menerbitkan kurang lebih 23 novel dan dua buku panduan pernikahan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Sukses Belajar Mandiri di Masa Pandemi

21 Juli 2021   09:05 Diperbarui: 21 Juli 2021   09:22 67 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sukses Belajar Mandiri di Masa Pandemi
Foto: dok. pribadi

PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) kembali diperpanjang, padahal bulan ini sudah masuk tahun ajaran baru. Sudah tentu anak-anak kembali bersekolah secara online. Siapa yang paling pusing? Orangtua dong. Banyak orangtua yang memiliki keterbatasan untuk mengajarkan belajar, karena harus bekerja dan tidak menguasai materi pelajaran. Akan tetapi, demi kesehatan keluarga agar tidak terkena virus corona, terutama varian Delta yang berbahaya, lebih baik sekolah online. Nggak mau kan anggota keluarga kita menjadi salah satu pasien corona yang meninggal dunia? 

Segala cara dilakukan oleh para orangtua agar anaknya bisa mengejar ketertinggalan selama belajar online dan sukses belajar mandiri di masa pandemi ini. Tak bisa dipungkiri bahwa belajar online ini banyak kekurangannya, karena anak-anak tak bertatap muka dengan gurunya. Anak-anak kesulitan menerima materi pengajaran, belum lagi kalau ada kendala internet. Guru-guru juga memiliki keterbatasan waktu untuk menyampaikan materi, karena jam belajar yang dipangkas. Anak-anak harus lebih sabar lagi menjalani belajar mandiri selama setahun ke depan. 

Salah satu bantuan belajar untuk anak bisa diperoleh dari bimbingan belajar online. Apa bedanya dengan belajar online dari guru? Tentu saja anak-anak akan mendapatkan metode dan materi pembelajaran yang melengkapi materi dari guru-guru, sehingga mereka bisa lebih memahami pelajaran sekolah dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. 

Namun, sebelum memilih layanan bimbingan belajar online, sebaiknya diperhatikan hal-hal berikut ini: 

Biaya

Di masa pandemi saat kondisi ekonomi sedang ketar-ketir, pilihlah bimbingan belajar online dengan biaya yang terjangkau. Apalagi kalau ada diskon sampai 60% dan biaya per tahun tak sampai satu juta. 

Kelengkapan Materi dan Media Pembelajaran

Pilihlah bimbingan belajar online yang menyediakan materi lengkap dan mudah dipahami oleh anak-anak. Misalnya, menyediakan video belajar animasi yang menarik, gambar-gambar infografis yang membuat anak jadi lebih paham pelajaran, bank soal, dan lain-lain. 

Bisa Diunduh dan Diakses secara Offline

Meskipun bimbingan belajar secara online, tapi materi pelajarannya bisa diakses secara offline karena seringkali ada keterbatasan internet. Jangan sampai aktivitas belajar anak menjadi terhenti akibat kehabisan kuota internet atau gangguan internet yang di luar perkiraan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN