Mohon tunggu...
Leo Sihura
Leo Sihura Mohon Tunggu... -

Anak pertama dari 5 bersaudara, seorang mahasiswa program studi sosiologi dengan ketertarikan pada bidang konflik dan resolusinya, kajian perdamaian dan minimalism amatir

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Surat Terbuka (Kekecewaan) pada Xiaomi Indonesia

8 Januari 2019   08:42 Diperbarui: 8 Januari 2019   09:55 649
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salam Master Of Speed.Semoga Xiaomi selalu jaya.

(XIAOMI TOLONG TANGGAPI)

4 tahun yang lalu adalah awal saya mengenal Xiaomi yang dimulai dengan saya memakai Redmi 2A. Hingga detik ini saya memakai Pocophone sebagai hp idaman dan yang pasti barang RESMI.
Ini adalah surat terbuka untuk Xiaomi Indonesia sebagai bentuk kekecewaan. Saya tidak tau mau bilang ini kecewa, kesal, atau pemakluman karena semua bercampur. Tapi yang lebih mendominasi adalah kekecewaan.
Kenapa?Saya akan menceritakan detailnya.Saya membeli pocophone ini di  Toko Xiaomi Authorized Store yang berlokasi di Mall Center Point Medan-SUMUT dengan spek RAM 6/128 pada bulan Oktober 2018. Harga saat itu Rp. 5.250.000. Saat di unboxing oleh Pegawainya tidak ada kerusakan software atau hardware yg terlihat. Semua normal.
Masalahnya muncul ketika sudah pemakaian normal 2 bulan, awalnya cuma muncul bayangan putih seperti gradiasi dibagian bawah layar. Tapi itu tidak mengganggu. Saya biarkan saja.
Pemakaian beberapa Minggu kemudian hingga sekarang malah makin bertambah. Sangat menggangu dan bayangan putih itu terlihat parah. Bahkan temen saya yang memakai Redmi note 5 juga melihat hal yg sama.
Awalnya saya biasa aja, karena saya pikir kalau di mulai ulang bakal hilang.
Lalu saya ke Toko Xiaominya, tempat beli untuk membandingkan dengan yang ditampilkan di display. Punya saya malah beda sendiri dengan yg di display. Hp display terlihat normal.
Dan kekecewaan nya dimulai disini.
Hari ini jam 13.00 WIB, saya ke Xiaomi Service Center di Plaza Medan Fair lantai 4. Saya disambut hangat oleh 3 orang pegawai yang saya tidak tau namanya. Saya langsung dipersilahkan duduk.
P: Pegawai
S: Saya
Berikut percakapannya yang gak sempat saya rekam atau videokan
P: Selamat Siang pak ada yang bisa dibantu?
S: oh gini. Saya punya keluhan di hp pocophone saya, ada screen bleeding seperti bayangan putih dibawah layar dagu.
P: Hp nya sini saya lihat.
Situasi disini, mbak-mbak nya memeriksa bagian Tentang Perangkat CIT. Dan ia mengiyakan adanya screen bleeding.
P: Hmm, kebetulan di sini sedang tidak ada unit pengganti, bapak bisa ke bagian TAM nya Deket Samsung Service Center.
S: oh oke,.
Disini saya dirujuk ke TAM untuk diperiksa. Tanpa pikir panjang saya keluar dan mengarah ke TAM yang dekat dengan Servis center xiaomiSaya disambut oleh kekosongan pegawai, saya duduk menunggu 20 menit. Lalu muncullah mbak-mbak berkerudung mempersilahkan duduk didepannya.
P: ada yang bisa saya bantu?
S: Gini, saya kesini mau klaim garansi.
P: oh, ada kerusakan apa?
S: saya punya keluhan di bagian layar, semacam ada bayangan putih.
Saya memberikan hp nya dan ia memeriksa
P: dimananya ya pak?
S: dibagian CIT boleh di cek display nya.
Lalu saya tunjukkan.
Mbaknya kemudian kebelakang bertanya. Kira 10 menit kemudian ia muncul lagi.
P: pak, ini bukan kerusakan, ini memang bawaan hp nya. Sudah banyak user pocophone yang mengalami ini.
S: tapi temen saya punya hp yg sama, pas awal unboxing sampai sekarang masih normal gak ada kejadian yg sama seperti yg saya alami ini.
P: Tapi kalo seandainya diganti lcd pak, bayangan itu tetap muncul.
S: jadi gak ada solusi ini ceritanya? Kok gitu sih. Jadi Saya dan user lain yang mengalami hal yg sama gak punya perbaikan dong, gak bisa klaim gini ceritanya. Di bagian garansi pas unboxing tertulis Layar gak normal bisa di klaim. Dan ini, yg saya alami ini udah gak normal mbak. (Saya udah kesal di situasi ini saking gak terima)
P: mohon maaf pak.
Saya langsung keluar tanpa izin karena saya sudah kecewa dan kesal karena gak ada solusi.
Saya gak tau harus mau komplain kemana untuk masalah ini.
Setelah memenangkan kekecewaan ini saya kembali ke Xiaomi Service Center.
P: Ada apa pak? Udah bagaimana di TAM nya?
S: Tam nya gak punya solusi. Mereka bilang kalo pocophone punya saya tidak bisa diperbaiki lagi.
P: Oh gitu. Memang bener pak. Pocophone mengalami itu. Sebagian besar user pocophone punya keluhan yg sama.
S: kalo gitu, solusi dari Xiaomi nya gimana coba?
Apakah ini kerusakan hardware atau software. Kita beli pocophone karena kita percaya Xiaomi memberikan yg terbaik untuk hpnya.
P: Maaf pak. Jika ganti lcd juga ujungnya juga gitu pak, bakal muncul screen bleeding.
S: yaudah deh makasih pelayanan nya.
Dari sini saya makin banyak keluhan.
1. Saya paham bahwa pocophone adalah hp spek dewa dengan harga murah meriah. Tapi jangan murahan dong. Bagian layar adalah bagian penting sebagai kesan pertama hp. Dan jujur saya terganggu dengan bayangan putih ini.
2. Xiaomi harus punya solusi untuk setiap ketidaknormalan produk. Saya akui saya punya produk yg gak normal. Layar nya gak normal. Saya tidak menggeneralisasi bahwa unit yg saya pegang ini buruk karena sejauh ini saya nyaman dengan performa SD 845 nya. Kenceng amat.
Ya kembali lagi, kalo semuanya kenceng dan ngebut jika layarnya buruk apa guna nya coba. Layar ada bayangan putih dan itu gak enak dipandang.
3. Apa guna xiaomi servis center jika pelayanan TAM ada? Apa bedanya? Saya bingung karena awam dengan kejadian ini. Jika servis center tidak sanggup apakah seterusnya dilimpahkan ke TAM? Apakah Ke Servis center dulu atau tam dulu? Mana yang benar untuk klaim garansi.
Itu saja isi surat terbuka (kekecewaan) saya. Sekarang, saat nulis thread ini masih bingung harus gimana supaya layar pocophone saya NORMAL. Baik TAM dan Servis center tidak punya happy ending untuk saya.
Saya berharap banyak jika Xiaomi peduli dengan ini.  Ganti LCD dan tetep muncul bayangan putih berarti saya punya unit gagal produksi. Atau Ganti Unit. Xiaomi tolong pahami kami. Mungkin bukan saya saja yang mengalami ini, masih banyak temen lain yg punya kondisi gak normal.
Saya harap ada balasan dari pihak Pocophone Indonesia atauXiaomiIndonesia mengenai ini. 
Terimakasih.
Salam POCOFans

Ini adalah foto hp saya yang kena screen bleediing 

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun