Mohon tunggu...
Lendy Kurnia Reny
Lendy Kurnia Reny Mohon Tunggu... Blogger

Blogger dan content creator. Kindly visit ma blog : https://www.lendyagasshi.com

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

The Dark Side of "Lathi"

30 Juni 2020   09:48 Diperbarui: 30 Juni 2020   09:58 56 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
The Dark Side of "Lathi"
capture from original video of Lathi

Halow K,
Aku baru ngeuh kalau ada lagu Indonesia yang mendunia yaa... Diawali dengan ramainya Lathi Challenge di berbagai platform sosial media sampai diundangnya penyanyi beserta komposer, MUA, koreografer dan semua yang terlibat di dalam pembuatan lagu Lathi.

Coba deh... Denger sekali kayanya gak terlalu ngeuh kalau initu lagu bikinan anak Indonesia, karena liriknya dalam Bahasa Inggris. Tapi di tengah-tengah lagu, pas banget diselipin nuansa gendhing Jawa dengan nuansa "dark". 

Kowe ra iso mlayu saka kesalahan
(Kamu gak bisa lari dari kesalahan)

Ajining diri ana ing lathi
(Harga diri seseorang ada pada lisannya)

Sejujurnya, aku penikmat lagu-lagu zaman sekarang yang "ramai" dengan beraneka suara atau disebutnya EDM (Electronic Dance Music). Bahasa orang dulu mah...musik ajeb-ajeb yaa... Kecerdasan generasi kini dalam memadukan nada ini patut diacungi jempol looo...

Tak hanya bermain di nada-nada yang kental dengan suasana kelamnya, Lathi juga menyajikan makna dari liriknya sendiri yang berkesan "dalam". Lagunya cukup easy-listening

Sara Fajira sendiri yang menyanyikannya sempat merasa ada "beban" kerena kedalaman makna lirik lagu Lathi yang bercerita mengenai kehidupan seseorang yang berubah ketika mulai menjalani sebuah hubungan yang tidak sehat (toxic relationship).

Everything has changed
It all happened for a reason
Down from the first stage
It isn't something we fought for

Never wanted this kind of pain
Turned myself so cold and heartless
but one thing you should know...

Apa Makna Lathi?

Dalam bahasa Jawa, makna Lathi secara bahasa adalah lidah. Namun yang dimaksud secara keseluruhan dalam lagu ini, makna Lathi menjadi sebuah perkataan/lisan.

Pesan yang Ingin Disampaikan Lathi

Melalui lagu berdurasi 3 menit ini, penulis ingin menyampaikan pesan kepada seluruh anak muda dan semua pendengarnya bahwa setiap perbuatan tentu mengandung konsekuensi. Tak terkecuali perkataan. Apapun yang dilakukan tanpa berpikir akan konsekuensi, maka akan menanggung akibat dari setiap perbuatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x