Mohon tunggu...
Lely Suryani official
Lely Suryani official Mohon Tunggu... Guru - Guru SD
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya terlahir dengan nama LELY SURYANI. Saat ini saya sebagai guru di SD N 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos 53475

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Berkat Layanan BriLink, BRI Tumbuh dan Tangguh, UMKM Naik Kelas

9 Desember 2022   21:24 Diperbarui: 9 Desember 2022   22:00 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

HUT127BRI, BRIlianpreneur, BRIPahlawanFinansial

Jaman dahulu, mau ke pasar atau ke warung harus membawa uang tunai. Jika tidak membawa uang tunai, dipastikan mau ngebon dulu, atau hanya mau tanya - tanya harga misalnya.  Atau bahkan, orang enggan ke warung jika tidak membawa uang. Alih - alih di rumah saja menunggu rejeki datang.

Lain dulu, lain sekarang, jaman sudah berubah. Kaum milenial menjadi pelaku utama dalam jaman digitalisasi ini. Digitalisasi sudah merambah ke segala bidang dan ke segala lini kehidupan. Tidak hanya dinikmati  oleh kalangan tertentu,   namun sudah menyentuh seluruh kalangan 

Diera digital saat ini, orang mau berbelanja tidak membawa uang tunai itu sah - sah saja. Atau bahkan dirasa lebih praktis, daripada membawa segepok uang. Disamping lebih aman juga  mengurangi resiko kejahatan yang ditimbulkan karena penjahat mengetahui seseorang membawa banyak uang.

Lho kok tidak membawa uang? Memangnya mau ngutang ke warung atau toko langganan? Eist, jangan salah. Tidak dikota tidak didesa, cukup  membawa kartu ATM BRI, bisa berbelanja sepuas hati,  sekaligus bisa  tarik tunai. Kemudahan bertransaksi sangat dirasakan manfaatnya oleh orang yang hidup dijaman modernisasi saat ini.



Menjamurnya depot BriLink di pedesaan, telah merubah mainset warga desa dalam bertransaksi. Kalau dulu bertransaksi secara manual, atau membawa uang cash, sekarang beralih bertransaksi digital menggunakan ATM BRI. Didalam transaksi ini, secara otomatis menaikan dan meningkatkan gairah pelaku UMKM. Hal ini merupakan bentuk kontribusi yang cukup  besar dari para nasabah BRI yang berbelanja dengan memanfaatkan layanan BriLink.

Seperti di warung Watini sebagai warung  langganan saya dan langganan banyak orang, kebermanfaatan dari layanan BriLink sangat terasa. Ibarat simbiosis adalah simbiosis mutualisme. Para pemakai layanan BriLink dimudahkan dalam bertransaksi, sedangkan penyedia layanan BriLink yang notabene adalah pelaku UMKM, semakin menanjak omsetnya.


Bayangkan saja, dari waktu sebelum Subuh, warung Watini sudah buka, melayani pedagang yang akan dijual eceran ke konsumen langsung. Karena di Warung Watini ini, tidak hanya menjual barang - barang atau kebutuhan kering istilahnya, namun juga menjual berbagai macam sayur, buah- buahan dan segalaxmacam bumbu dapur. Makanya, jika pagi menjelang, diwarung ini seperti pasar saja.  

Pembeli berdesak - desakan, takut tak kebagian barang yang dicari, juga berdesak desakkan biar terlayani lebih dulu. Dalam berdesak - desakan ini, tetap memegang teguh budaya antri, tidak ada yang menyerobot duluan.

Tidak hanya melayani para pedangang, pembelanja untuk kebutuhan dan konsumsi pribadi juga banyak sekali. Makanya dalam kurun waktu yang hanya sebentar, warung Watini ini sudah bisa mencapai target melayani lebih dari 1000 pengguna layanan BriLink.


Memang usaha dalam skala menengah kecil mikro, butuh keuletan dalam mengelola usahanya. Dari keuletan inilah yang semakin lama semakin lengkap barang kebutuhan yang disediakan. 

Semakin lengkapnya kebutuhan dalam satu tempat, menjadikan  pelanggan enggan untuk  berbelanja ditempat lain. Selain keuletan, yang lebih bisa dianfalkan untuk menarik pelanggan adalah keramahan. Pelayanan prima dengan diimbangi oleh keramahan, sungguh membuat nyaman pembeli atau pelanggan 

Seiring membludagnya pelanggan, membuat BRI semakin tumbuh dan tangguh, berkat layanan BriLink, yang  terkoneksi dengan pelaku UMKM. Semakin meningkat transaksi BriLink, semakin meningkat omset UMKM, dan naik kelas.

Pelayanan di BriLink, tidak hanya untuk berbelanja atau tarik tunai saja, namun melayani berbagai jenis layanan perbankan lainnya. Seperti transfer uang, bayar kuliah anak, dan juga bayar angsuran kredit bank. Jadi jika mau mengangsur kredit bank, cukup lewat BriLink, tidak perlu antri berjam - jam di loket tunai BRI.

Terimakasih BRI, dengan menjamurnya depot Brilink di berbagai wayah Indonesia, semakin memudahkan kegiatan manusia.Selanjutnya, perkenankanlah saya mengucapkan S elamat Ulang Tahun BRI yang ke 127,  Semakin Jaya BRI, semakin tumbuh UMKM. BRI melayani dengan sepenuh hati, semakin dicintai oleh anak negeri. BRI meningkatkan perekonomian negara, memang BRI Pahlawan Finansial Indonesia yang semakin berbobot dan berkelas. 

Terimakasih 

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun