Mohon tunggu...
Lely Suryani official
Lely Suryani official Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya terlahir dengan nama LELY SURYANI. Saat ini saya sebagai guru di SD N 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos 53475

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendampingan Individu, Nyeeess Rasanya

1 Oktober 2022   23:33 Diperbarui: 1 Oktober 2022   23:40 1064 32 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendampingan Individu, Nyeess Rasanya.

Hari ini, Sabtu, tanggal 1 Oktober 2022, saya sebagai Calon Guru Penggerak,  mendapat jadwal pendampingan individu dari Pengajar Praktek saya yaitu, Ibu Dwi Kurniasih, M.Pd. Sengaja, kami menetapkan perjanjian pertemuan pada pukul 09.00. Ini dimaksudkan agar pertemuan lebih leluasa, karena di awal waktu selain ada Upacara Hari Kesaktian Pancasila, juga anak - anak ada kegiatan Senam Pramuka bersama.

Demikian juga terkait dengan para guru yang akan kami ajak untuk menjadi peserta pada forum diskusi, guru - guru sudah ada kesempatan masuk ke kelas terlebih dahulu untuk mendampingi, dan memantau anak - anak belajar. Walaupun  ditinggal untuk berdiskusi, anak - anak sudah asyik dengan tugas - tugasnya di kelas

Seperti kita ketahui bersama, bahwa kegiatan dan tugas - tugas  guru penggerak tidak boleh mengganggu tugas utama sebagai guru dan pendidik. Walaupun kegiatan ini  dilakukan di waktu - waktu / jam - jam sekolah, maka kegiatan pembelajaran tetap berlangsung. dan jika terpaksa ada anak yang menemui guru di ruang diskusi, mungkin ada yang perlu ditanyakan kepada gurunya, atau ada permasalahan lain, hal itu harus menjadi perhatian utama. Diantara kami, tentu semua sudah memahami aturan mainnya.

Pada sesi pertama sebelum forum diskusi dilaksanakan, Pendampingan individu masih bersifat pribadi antara Pengajar Praktek dan  Calon Guru Penggerak. Seperti pada pendampingan Individu sebelumnya, dalam dialog berdua ini kami membahas tentang perasaan sebagai calon Guru Penggerak setelah melewati Pendidikan sampai modul 1.3.Visi guru Penggerak. Selain itu kendala - kendala yang dihadapi serta jalan keluar / solusi yang diambil agar kegiatan tetap berjalan lancar.

Selanjutnya pengajar Praktek menanyakan tentang eksen - eksen atau aksi nyata yang telah dilakukan oleh Calon Guru  Penggerak berkaitan dengan pembelajaran yang telah diikutinya pada Program  Pendidikan  Guru penggerak, khususnya sampai pada modul 1.3. Pembicaraan kami juga sampai pada pembahasan pembelajaran yang diikuti lewat  LMS. Beliau menanyakan apakah semua tugas - tugas sudah diselesaikan dengan baik. Alhamdulillah, semua tugas sudah saya lakukan dengan sebaik - baiknya dan tak ada kendala yang berarti. Tak lupa saya menyampaikan tugas yang terberat adalah mengadakan forum diseminasi pemahaman budaya positif yang harus diikuti oleh minimal 10 guru dan durasi kegiatan minimal 1 jam. Padahal guru - guru di sekolah saya hanya 5 orang dan harus menghadirkan guru - guru dari sekolah lain. Belum lagi mengupload Video dengan durasi panjang adalah sesuatu yang sulitnya minta ampun. Bosa berkali - kali gagal, walaupun sudah melalui beberapa jam. Hal ini saya rasakan baik waktu mengupload video ke Youtube maupun ke Drive akun Belajar.id.

Setelah diskusi, tanya jawab, dan membahas permasalahan yang muncul dalam  perjalanan mengikuti pembelajaran Guru Penggerak  serta membahas persiapan diskusi dengan Kepala Sekolah serta rekan sejawat dirasa cukup, kami istirahat sebentar. Selesai dari istirahat dan semua sudah berkumpul di ruang guru, sengaja saya menyiapkan ruang guru untuk diskusi Pendampingan Individu ini. Selain personilnya yang sedikit, juga semua ruang kelas yang ada masih dipakai untuk KBM.

Forum diskusi diawali dengan pembuka oleh  Pengajar Praktek selaku moderator yang pada forum diskusi  tersebut. Kemudian waktu diserahkan kepada saya selaku Calon Guru penggerak untuk memaparkan visi kelas yang sudah ditetapkan melalui prakarsa  perubahan menggunakan alur BAGJA. 

Di awal waktu saya memaparkan materi diskusi yang telah ditentukan yaitu Visi Guru Penggerak, saya sempatkan  membacakan puisi karya IR. Soekarno yang berjudul " Aku Melihat Indonesia " Inilah teks lengkap puisi dengan judul Aku Melihat Indonesia Karya IR. soekarno, yang saya langsir dari  LMS Guru Penggerak.

Aku Melihat Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan