Mohon tunggu...
Lely Suryani official
Lely Suryani official Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya terlahir dengan nama LELY SURYANI. Saat ini saya sebagai guru di SD N 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos 53475

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Simulasi ANBK di Depan Mata, Proktor Harus Siaga

23 September 2022   23:14 Diperbarui: 23 September 2022   23:23 85 15 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Simulasi ANBK Di Depan Mata, Proktor Harus Siaga

Menjadi seorang proktor adalah sebuah pilihan, artinya mau tidak mau harus mau dan bisa  tidak bisa harus bisa melaksanakan tugas dengan sebaik - baiknya. Apalagi berdasarkan penugasan dari  Kepala Sekolah dan kesepakatan dari rekan - rekan sejawat , yang  dianggap mampu. Walaupun pada kenyataannya, karena merupakan hal baru, maka harus banyak belajar, bertanya kesana - kemari, browsing sana , browsing sini.  Semua platform dijelajahi tanpa mengenal lelah.

Disamping itu, keberadaan grup proktor sangat bermanfaat untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan ANBK. dari sanalah informasi baru selalu datang silih berganti dan harus selalu dicermati. jangan sampai kejadian yang menimpa sekolahan saya beberapa waktu lalu, gara - gara saya kurang mencermati informasi dari grup.

Pada waktu itu, saya kaget luar biasa, karena ada malam - malam  pemberitahuan dari Dinas Kab jika SD saya termasuk salah satu dari beberapa SD yang belum melakukan pemutakhiran data satuan pendidikan dan data peserta didik secara online sesuai prosedur DAPODIK/EMIS dan Verval PD. Memang pada waktu itu grup proktor belum terpisah dari grup Operator sekolah, maka informasi yang muncul kadang tumpang tindih dengan informasi dapodik.

Pada malam itu juga saya mengakses grup , scroll informasi tentang AN, maka saya temukan teknis hingga Username serta password yang telah dibagikan oleh Dinas. Berdasarkan informasi tersebut, saya langsung gerak cepat, menuju Menu Asesmen Nasional pada mesin pencarian google. maka pada pagi harinya, walau dikumpulkan di Korwil, saya termasuk yang sudah mengerjakan tugas di tahap awal ini. Sedikit terselamatkan muka saya.

Sambil menunggu DNS peserta ANBK, yang menunggu di generate oleh Tim AN Dinas, maka saya tidak sungkan - sungkan untuk terus bertanya tentang kelanjutan ANBK ini. Alhamdulillah, teman - teman proktor semuanya baik hati, jadi tidak ada kendala yang tidak terselesaikan.

Setelah DNS muncul dan dibagikan oleh petugas dari Korwil Cam, para proktor harus jeli mencermati setiap data peserta UN yang muncul pada DNS tersebut, Jika ada perbedaan data, maka harus segera diadakan perbaikan data. lagi - lagi, data peserta AN dari Sekolah  saya valid semua tidak ada kekeliruan.

Beberapa hari terakhir, menjelang pelaksanaan Simulasi  ANBK  jenjang SD/MI  mulai  besok hari Senin, tanggal 25  September 2022,sampai hari Rabu tanggal 29 September 2022, maka para proktor disibukkan kembali dengan tugas - tugas yang menguras pikiran.Selain harus memantau https://anbkkemdikbud.go.id, terkait status dan modal pelaksanaan, jika belum sesuai segera mengubah status dan moda pelaksanaan saat menu simpan sudah aktif. Kebetulan SD saya status pelaksanaannya adalah  mandiri dengan  moda Online.

Yang terbaru lagi, proktor harus mengunduh dan menginstal Exam Browser pada laptop Proktor dan Exam Client pada laptop yang akan digunakan oleh peserta ANBK. Nah ini yang butuh persiapan waktu tenaga dan pikiran, karena harus menginstal aplikasi Exam Client pada sejumlah perangkat sesuai jumlah peserta ANBK pada satuan pendidikan. Aplikasi dapat diunduh pada menu unduh berkas.

Sebelum menjalankan ExamBrowser, pastikan spesifikasi perangkat yang digunakan telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Pusmenjar. Yaitu resolusi layar minimal 1024 x 720 pixel, Operating System 32 bit / 64 bit ( minimal windows 7, linux, Mac OS, Chrom OS. Thin client, Raspberry ). CPU minimal 2 core RAM 2 GB, Koneksi Internet 12 Mbps untuk 15 client (dialokasikan khusus untuk pelaksanaan ANBK )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan