Mohon tunggu...
Laura Erika Hasibuan
Laura Erika Hasibuan Mohon Tunggu... Pengacara - Lentera hati

Ku lukiskan wajahmu dalam goresan luka dihati

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Mama yang Tetap Tangguh Meski Penyakit Menggerogotinya Selama 13 Tahun

21 April 2021   22:40 Diperbarui: 21 April 2021   22:57 301
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari ini adalah hari ulang tahun mama yang ke 61 tahun, sangat mudah untuk mengingat hari kelahirannya yang sangat spesial yaitu 21 April tentu saja itu bertepatan dengan hari kelahiran Ibu Kita RA. Kartini 21 April 1879, Mama yang tak pernah letih selalu memperjuangkan kami agar dapat hidup yang layak. 

Umurku 4 tahun, kita semua pindah ke Tangerang. Mama berjualan tuk membantu perekonomian keluarga seperti berjualan sayur, kue-kue, es, dan nasi rames. 

Aku ikut membantu mama untuk berjualan es ataupun sayur-sayuran, aku ingat sekali waktu kecil paling takut dengan truk excavator atau beko aku lari ngibrit sampai semua es-esnya jatuh berhamburan. Mau tak mau ya kita jadi rugi tapi ternyata Tuhan itu penuh kasih, semua orang proyek yang ada di situ langsung membeli semua jualanan es mamaku.

dokpri
dokpri
Aku pernah hampir kehilangan sosok mama waktu aku duduk di kelas 2 SD. Mama sakit keras sampai tidak bisa bangun bahkan mama harus digendong ketika mau dibawa ke Rumah Sakit.

Jadi selama mama sakit dan mama di bawa berobat ke RSCM aku menjaga adikku sedangkan papa berjualan, aku ingat sekali mama ada kasih uang jajan Rp. 1000,- lalu aku jajanin tahu gejrot pas pulang sekolah tahunya aku kasih untuk adikku dan kuahnya buatku dicampur nasi. 

Meski sakit keras tak bisa bangun, mama tetap menyibukkan dirinya selain mengaji mama juga menjahit mukena, dan rok sekolahku warna putih sambil tidur seperti itu.

dokpri
dokpri
Pernah suatu hari mama menonton televisi acara "Dorce Show" mama mencari tahu tentangku kenapa aku lebih suka dengan duniaku sendiri dan selalu duduk manis di kamar sambil membaca kalau dipanggil aku tidak pernah menyahut karena larut dalam duniaku. Berkat acara itu mama jadi tahu aku harus di bawa ke mana.
dokpri
dokpri
ini adalah foto mama ketika terkena sakit setelah kecelakaan yang membuat mama tidak bisa beraktivitas seperti sediakala. Dan untuk kesekian kalinya aku hampir kehilangan kembali mama di tahun 2008, imajinasiku tentang mama yang sangat luar biasa tangguh meski diterpa sakit yang saat ini sudah memasuki tahun ke 13 tapi mama tetap sehat. 

dokpri
dokpri
Siapa tahu aku bisa menang mystery challenge 2 dan ku hadiahkan untuk mama di hari ulang tahunnya di tanggal 21 April ini untuk menginap di Cordela Hotel Senen, Jakarta. Lokasinya dekat dan viewnya sangat OK.

Terima kasih mama untuk semua cinta dan kasih sayangnya untuk kita semua. Aku bangga karena mama selalu dijadikan contoh bahwa sakit itu jangan selalu diratapi tapi harus tetap bersemangat, sakit bukan menjadi penghalang untuk kita berkreasi. Mauliate inong.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun