Mohon tunggu...
Laura Erika Hasibuan
Laura Erika Hasibuan Mohon Tunggu... Lentera hati

Ku lukiskan wajahmu dalam goresan luka dihati

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Tumis Kulit Singkong Teri Pedas Bumbu Kacang

7 April 2021   21:57 Diperbarui: 7 April 2021   22:09 90 9 2 Mohon Tunggu...

Kira-kira apa ya rasanya kulit singkong itu jika kita masak? Teman-teman kompasiner pasti ada yang bertanya-tanya juga seperti apa sih rasa kulit singkong ketika kita olah jadi menu masakan, hayo ngaku pasti bertanya-tanya ya kan? Hehehe...

Aku pernah bertanya ke mama, "ma, kalau kulit singkong itu dimasak bisa tidak sih? dan rasanya seperti apa? Terus mama pernah cobain tidak?", mulailah mama seperi biasa berdongeng hehehe, "orang transmigrasi dulu itu suka masak kulit singkong mau itu ditumis atau dimasak seperti sayur lodeh, dibobor juga bisa singkong itu semua bisa diolah jadi makanan, tapi mama dulu tidak pernah coba kalau mbah masak itu". 

Setelah selesai dengerin cerita mengenai kulit singkong aku pun jadi tertarik ketika mama jelasin bahwa kulit singkong bisa diolah jadi makanan, meski mamaku belum pernah coba mencicipi makanan dari olahan kulit singkong dan pikiranku pun langsung berjalan-jalan ingin segera mengeksekusi semua singkong-singkong yang papaku beli maklum kami semua ini pecinta singkong. 

Sebelum aku mengeksekusi semua singkong-singkong, ketela pohon atau singkong mempunyai nama latin Manihot Esculanta, dalam bahasa Inggris Cassava. Tanaman singkong yang dapat diolah menjadi berbagai makanan atau cemilan itu bukan tanaman asli dari Indonesia,  loh kok bisa? ternyata tanaman singkong itu mulai diperkenalkan oleh orang Portugis di Indonesia pada abad ke 16, tanaman singkong merupakan tanaman asli dari Amerika Selatan yaitu Brasil yang tumbuh liar di hutan-hutan. 

Umbi singkong dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya dapat diolah menjadi sayuran. Jenis tanaman singkong ini merupakan tanaman yang mudah tumbuh bahkan di daerah tandus sekalipun yang tanahnya miskin akan hara tanaman singkong akan tetap tumbuh subur, ya seperti syair lagu yang sering kita dengar dari Koes Plus yaitu "Tongkat, kayu, dan batu jadi tanaman", dan ini menurutku pas sekali ya karena tanaman singkong ini tanaman yang mudah tumbuh.

Singkong kadang suka dianggap makanan orang kelas bawah, padahal tanaman singkong ini bisa juga loh diolah menjadi makanan yang mewah. Dan sekarang ini sudah mulai banyak masyarakat yang menyukai makanan ataupun cemilan yang terbuat dari olahan singkong, yuks kita mulai menyukai olahan makanan dari tanaman singkong, kebetulan aku juga sudah beberapa kali bikin resep masakan dari olahan singkong termasuk kulit singkong, jadi kali ini aku mau membagikan resep masakan ala aku yaitu "tumis kulit singkong teri pedas bumbu kacang" lansung saja kita eksekusi singkong-singkonya hihihih.

Tumis kulit singkong teri pedas bumbu kacang:

Bahan-bahan :

1. Kulit singkong (aku ambil dari 1 kg singkong)
2. 1 ons ikan Teri tawar

Bumbu-bumbu :

*10 buah cabe merah keriting
*8 buah cabe rawit hijau
*5 siung bawang merah
*4 siung bawang putih
*Gula secukupnya
*Garam secukupnya
*1 buah tomat merah
*1 lembar daun salam
*2 lembar daun jeruk
*1 ruas lengkuas
*2 sdm kacang tanah (disini aku bikin sendiri bumbu kacang tanahnya  biar bisa di gunakan untuk pecel, dll), boleh juga beli yang sudah jadi ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN