Mohon tunggu...
LatihID
LatihID Mohon Tunggu... Lainnya - Platform Pengembangan UMKM

Platform e-learning (electronic learning) yang menyediakan pelatihan berkualitas untuk meningkatkan kualitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia. www.latihid.com

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Alasan Kenapa Bisnis Kulinermu Harus Bermitra dengan GoFood

5 April 2021   11:03 Diperbarui: 7 April 2021   15:39 1250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
GoFood | Sumber foto: goodmoney.id

Malas keluar untuk beli makanan? GoFood-in aja!

Bingung mau makan apa? Lihat aja menunya di GoFood!

GoFood memang udah nggak asing lagi ditelinga orang Indonesia. Fitur pesan antar makanan milik Gojek ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen untuk memesan makanan, apalagi semenjak pandemi ini dimana orang lebih memilih untuk di rumah saja, GoFood menjadi pilihan mereka untuk memesan makanan dikala lapar melanda. 

Nggak hanya memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk konsumen saja, tapi GoFood juga memberikan dampak yang positif bagi pelaku bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Dilansir dari Kompas, akhir 2020, tercatat 750.000 mitra usaha kuliner di Tanah Air telah bergabung bersama GoFood, khusus kategori UMKM meningkat 50 persen dari tahun sebelumnya. Nggak hanya itu, berdasarkan hasil riset terbaru Lembaga Demografi (LD) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, GoFood membantu UMKM di Bandung bertahan saat pandemi ini.

Nah, buat kamu para pebisnis kuliner yang belum menjadi mitra GoFood atau mungkin masih ragu untuk mendaftar jadi mitra GoFood, berikut beberapa alasan kenapa kamu harus menjadi mitra GoFood:

1. Bisa menjangkau area yang lebih luas

Saat kamu bermitra dengan GoFood otomatis area penjualan kamu akan jauh lebih luas dibandingkan kamu berjualan sendiri sehingga kesempatan untuk menjangkau konsumen juga jadi lebih banyak. Soal jarak kamu nggak perlu khawatir karena ada ratusan ribu driver ojek online yang siap mengantarkan makanan dan minuman kamu yang sudah dipesan ke pelanggan. 

2. Nggak Perlu Pusing Mikirin Ongkir

Salah satu kesulitan melakukan bisnis kuliner pesan antar sendiri adalah mencari driver dan menentukan biaya ongkos kirim atau ongkirnya. Nah, kalau kamu bermitra dengan GoFood kamu nggak perlu pusing mikirin itu karena Gojek sudah mengatur, menghitung dan mencarikan driver secara otomatis. Kamu fokus saja berinovasi dengan makanan yang kamu jual.

3. Omset Meningkat

Seperti yang udah dijelasin dalam poin 1 tadi, saat kamu bermitra dengan GoFood, area yang dijangkau jadi lebih luas sehingga kamu bisa mendapatkan konsumen yang lebih banyak otomatis omset yang kamu peroleh jadi ikut meningkat, apalagi kalau makanan dan minuman yang kamu jual mendapat review positif dari konsumen. Wah, siap-siap deh kebanjiran orderan!

4. Kemudahan Promosi Menu

Dalam berbisnis, promosi adalah kegiatan yang memerlukan biaya yang besar. Dengan mendaftar sebagai mitra GoFood, kamu bisa menikmati berbagai keuntungan, salah satunya adalah promosi di aplikasi Gojek. Selain mudah, kamu juga nggak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Gimana caranya?

  • Pertama, kamu buka aplikasi Gojek dan pilih layanan GoFood

Cara promosi menu di aplikasi gojek | Sumber foto: go-bizz.com
Cara promosi menu di aplikasi gojek | Sumber foto: go-bizz.com
  • Kedua, cari resto kamu dan klik 
  • Ketiga, setelah berada di halaman resto kamu, tinggal klik icon panah di sebelah kanan atas

Cara promosi menu di aplikasi gojek | Sumber foto: go-bizz.com
Cara promosi menu di aplikasi gojek | Sumber foto: go-bizz.com
  • Keempat, kamu tinggal menyalin link atau bisa langsung share ke media sosial

Cara promosi menu di aplikasi gojek | Sumber foto: go-bizz.com
Cara promosi menu di aplikasi gojek | Sumber foto: go-bizz.com

5. Promosi atau Publikasi dari Pihak Gojek

Selain itu, kamu juga punya peluang untuk dapat slot publikasi baik di media sosial, newsletter, maupun digital advertisement dari Gojek. Menarik, bukan?

6. Bisa Menggunakan SPOTS

SPOTS adalah aplikasi kasir yang membantu pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis kulinernya, mulai dari menerima pesanan via GoFood, pembayaran GoPay, pencetakan resi, hingga penulisan laporan harian. Jadi, kamu nggak perlu pusing mencatat setiap pesanan yang masuk, mencatat resi, dan sebagainya. Cukup gunakan SPOTS aja. 

Namun, untuk menggunakan aplikasi kasir ini kamu akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp490.000. Biaya tersebut sudah termasuk dengan perangkat kasirnya sendiri, jadi kamu nggak perlu membeli tablet atau printer terpisah.

Apakah akan dikenakan biaya harian? 

Yup! Kamu hanya perlu membayar Rp4.900 per hari dan nikmati semua keuntungan yang ditawarkan oleh SPOTS. 

Gimana? Tertarik untuk bermitra dengan GoFood? Sebelum mendaftar, pastikan kamu udah mempersiapkan dokumen seperti KTP pemilik usaha, NPWP pemilik usaha,  buku tabungan yang tertera nomor rekening, dan informasi usaha apabila usaha kamu berbentuk perseorangan. Kalau usaha kamu sudah berbentuk hukum, dokumen yang harus disiapkan hampir sama dengan usaha perseorangan tadi, hanya saja kamu perlu melampirkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). 

Nah, setelah mengajukan pendaftaran, pihak Gojek akan melakukan konfirmasi bahwa pendaftaran kamu sudah diterima via email. Kamu juga akan mendapatkan informasi via email apabila pendaftaran kamu sudah diterima atau ditolak. Selamat mencoba!

Penulis : Aqida Widya Kusmutiarani

Editor : Samantha Yohana Blessya 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun