Mohon tunggu...
Lasga Hanjaya
Lasga Hanjaya Mohon Tunggu... Lainnya - -

Mahasiswa Penerima Beasiswa Prestasi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Mengenal Teknik Memasak Molecular Gastronomy

20 Juli 2021   14:42 Diperbarui: 20 Juli 2021   14:56 168 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Teknik Memasak Molecular Gastronomy
Topcareer.id

Dunia Kuliner mengalami berbagai banyak perkembangan seiiring waktu berjalan, mulai dari penggunaan bahan makanan sampai Teknik pengolahan bahan tersebut. Beberapa perkembangan dalam dunia kuliner tersebut beberapa di antaranya terpengaruh oleh perkembangan teknologi dan alat industry. Salah satunya Teknik memasak molecular gastronomi.

moleculargastroid.blogspot.com              
            googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});
moleculargastroid.blogspot.com googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});

Teknik memasak molecular gastronomi adalah inovasi Teknik memasak menggunakan media bahan kimia (food grade) yang bertujuan merubah bentuk fisik suatu hidangan tersebut akan tetapi tetap meninggalkan rasa asli hidangan tersebut. Pada awalnya Teknik molecular gastronomy ini sering digunakan untuk membuat garnis seperti fake caviar yaitu membentuk sauce atau kuah sehingga berbentuk seperti caviar ( telur ikan sturgeon).

Seiring berjalannya waktu, beberapa chef berinovasi menggunakan Teknik molecular gastronomy pada berbagai macam jenis hidangan, baik untuk hidangan pembuka, hidangan utama dan hidangan penutup. Beberapa contoh dibawah ini merupakan kondimen makanan yang diolah menggunakan Teknik molecular gastronomi .

Sandwich Gudeg

Namaz dining
Namaz dining

Sekilas hidangan ini tampak seperti roti lapis pada umumnya, akan tetapi sebenarnya hidangan ini adalah hidangan traditional asal Jogjakarta yaitu Gudeg, hidangan ini merupakan hasil kreasi dari Namaz dining Jakarta yang merubah bentuk gudeg menjadi seperti roti lapis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN