Mohon tunggu...
Trie Yas
Trie Yas Mohon Tunggu... Sehari-hari bekerja sebagai Graphic design, editing foto, editing video (motion graphic). Namun tetap menulis buat menyeimbangkan hidup.

Sehari-hari bekerja sebagai Graphic design, editing foto, editing video (motion graphic). Namun tetap menulis buat menyeimbangkan hidup.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Keindahan Tanah Lot Bali

4 Maret 2017   01:42 Diperbarui: 4 Maret 2017   01:52 1858 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keindahan Tanah Lot Bali
Keindahan Tanah Lot Bali. (foto: trie yas)

Pulau Bali yang dikenal sebagai surganya para traveler. Tak jarang sebagian yang berkunjung terlebih dulu mengenal Bali dibanding Indonesia. Pulau Bali juga terkenal dengan dengan nama pulau dewata karena keindahan alamnya yang dipadu dengan keunikan budaya Hindunya. Banyak bangunan Pura yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Salah satunya pura yang didirikan untuk memuja dewa laut bernama Pura Pekendungan. Lebih dikenal dengan nama Pura Tanah Lot. Sebuah objek wisata yang memaduan antara batu karang, pura, dan pantai.Terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Sekitar 13 kilometer dari pusat Kabupaten Tabanan.

foto: Trie yas
foto: Trie yas
Tanah lot dalam bahasa bali memiliki arti daratan di tengah lautan. Pura Tanah Lot saat laut pasang, pagi hingga sore hari akan tampak terendam dan seolah-olah terpisah dari daratan Bali. Namun saat air surut akan terlihat gua kecil di seberang pura. Konon menurut cerita gua tersebut sebagai tempat bersemayamnya ular laut yang dipercaya sebagai penjaga Pura Tanah Lot. Jika traveler ingin menyentuh atau sekedar ingin  akan dipandu oleh seorang pawang.

Sebelum masuk para pengunjung harus terlebih dahulu melakukan ritual pesucian diri. (Foto: Trie yas)
Sebelum masuk para pengunjung harus terlebih dahulu melakukan ritual pesucian diri. (Foto: Trie yas)
Paratraveler juga bisa ikut serta ritual pensucian diri di sumber air suci yang terletak tepat di bawah Pura Tanah Lot. Akan ada petugas pengurus pura yang mengarahkan dalalm  membasuh muka, meminum air dan mendapat percikan air yang telah dibacakan mantra, dibubuhkan bija di kening, dan dipasangkan bunga di telinga.

JIka bertandang ke tanah lot jangan sampai lupa untuk mengabadikan panorama keindahan matahari tenggelam. Traveler bisa naik di atas tebing di seberang timur Pura Tanah Lot ditemani oleh es kelapa muda segar. Menunggu sunset bisa sejak pukul 16.00 dan menyaksikan gradasi warna yang indah di antara tebing-tebing Tanah Lot. Pada bulan-bulan tertentu akan ada matahari terbenam mengintip di sela-sela tebing seperti bola merah.

Jika datang pada hari yang berdekatan denga perayaan perayaan Kuningan dan Galungan. Bisa menyaksikan perayaan Hari Raya Odalan yang diperingati setiap 210 hari sekali. ,Tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir.

Yukkk!, lebih mengenal negeri yang kaya raya Indonesia ini…

Sumber foto: Trie yas)
Sumber foto: Trie yas)
sumber foto: Trie yas.
sumber foto: Trie yas.
*

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x