Mohon tunggu...
Langgeng Winarno
Langgeng Winarno Mohon Tunggu... PKH Ponorogo

Social Worker

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Rakor Zona, Sarana PKH Ponorogo Sosialisasikan Aplikasi E-PKH dan Tingkatkan Profesionalisme SDM

5 Oktober 2019   08:14 Diperbarui: 5 Oktober 2019   14:05 0 0 0 Mohon Tunggu...
Rakor Zona, Sarana PKH Ponorogo Sosialisasikan Aplikasi E-PKH dan Tingkatkan Profesionalisme SDM
Korda PKH Ponorogo membuka acara rakor zona/dokpri

Program Keluarga Harapan yang merupakan program Kementerian Sosial untuk penanggulanagn kemiskinan di Indonesia terus berbenah. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja baik dengan cara peningkatan kualitas sumber daya manusia, kebijakan program maupun sistem data  PKH

Perubahan-perubahan yang ada dalam Program Keluarga Harapan harus segera ditindaklanjuti oleh seluruh SDM PKH, khususnya dalam hal ini adalah SDM  yang ada ditingkat Kabupaten/Kota. Seperti yang diketahui beberapa waktu lalu tepatnya pada tanggal 18 September 2019 Kementerian Sosial secara resmi telah meluncurkan aplikasi e-PKH. 

Peluncuran aplikasi ini dihadiri langsung oleh Bapak Menteri Sosial Agus Gumiwang Kertasasmita dan dihadiri pula oleh Koordinator Regional, Koordinator Wilayah serta Koordinator Kabupaten/Kota PKH.

"E-PKH adalah terobosan berbasis digital yang dilakukan Kementerian Sosial yang membuktikan bahwa PKH telah siap menyongsong era industry 4.0, era big data dan era internet," kata Mensos dalam pembukaan Bimbingan Pemantapan Koordinator dan Bimbingan Teknis e-PKH di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial, Jakarta. 

Adapun manfaat aplikasi e-pkh adalah memudahkan proses validasi calon penerima bantuan PKH tanpa kertas, dapat menghitung bansos secara otomatis, dapat memasukkan hasil verifikasi komitmen keluarga penerima manfaat secara cepat, pemutakhiran data secara langsung dan monitoring P2K2 secara berkelanjutan.

Menyikapi ragam inovasi dan kebijakan progresif yang ada di PKH, SDM PKH Ponorogo melaksanakan Rakor Zona di 5 titik wilayah Ponorogo. Rapat Koordinasi Zona bukan hal baru bagi SDM Kaupaten Ponorogo. Kegiatan seperti ini sudah dilaksanakan sejak awal tahun 2018 lalu. 

Tiap-tiap zona terdiri kurang lebih 30 Pendamping PKH di kecamatan yang berdekatan. Kegiatan ini dimaksudkan agar penyampaian materi lebih fokus, meningkatkan kekompakan SDM, membahas permasalahan pendampingan KPM PKH yang bisa jadi tiap zona mempunyai tantangan yang berbeda dengan zona lainnya. Kegiatan rakor zona dilaksanakan dari tanggal 30 Oktober sampai dengan 4 September 2019 dimulai pukul 08.30 WIB.

Kegiatan Rakor Zona dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKH/dokpri
Kegiatan Rakor Zona dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKH/dokpri

Rangkaian kegiatan di hadiri oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos P3A Ponorogo Bapak Surono, A.KS., M.M. , Kepala Seksi Advokasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos P3A Ponorogo Bapak  Senen, S.H., Koordinator PKH Kab. Ponorogo Ahmad Daroini, S.IP dan Kademin, S.IP , Tim Supervisor PKH Ponorogo, Tim APD dan seluruh Pendamping  PKH Ponorogo.

Materi yang disampaikan pada rakor zona kali ini adalah kebijakan PKH tahun 2020, pengelolaan data PKH, aplikasi e-PKH, pelaporan dan graduasi. Acara rakor zona dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKH. Selanjutnya dibuka oleh Korda dan diawali dengan sambutan dari Bapak Surono selaku Kabid Linjamsos Dinsos P3A Ponorogo. 

Bapak Surono dalam sambutannya mengatakan agar teman-teman Pendamping PKH tetap semangat dalam proses pendampingan kepada KPM. Beliau juga mengatakan agar proses graduasi terus dilanjutkan sebagai tindak lanjut target graduasi  8% Kementerian Sosial serta tanggung jawab kepada masyarakat Ponorogo khususnya agar penerima bantuan benar-benar tepat sasaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x