Mohon tunggu...
Lanang Andhika
Lanang Andhika Mohon Tunggu... Freelancer - 201880182

Leadership, Senin dan Kamis 07:30

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Memberikan Penghargaan untuk Meningkatkan Motivasi Seseorang

30 Juli 2021   18:37 Diperbarui: 30 Juli 2021   19:45 39 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memberikan Penghargaan untuk Meningkatkan Motivasi Seseorang
https://talenx.io/2020/03/31/how-to-keep-your-employees-motivated-and-happy/

Menjadi seorang pemimpin harus dapat memotivasi karyawannya agar dapat meningkatkan kualitas kinerja mereka. Sebelum itu, ada baiknya kita mengetahui sebenarnya apa itu motivasi. Motivasi adalah kekuatan dalam diri seseorang maupun dari luar diri seseorang yang dapat meningkatkan atau membangkitkan antusiasme dalam mengejar sebuah tindakan tertentu.

Studi tentang motivasi dapat membantu pemimpin agar dapat memahami apa yang dapat mendorong seseorang untuk memulai, apa yang memengaruhi pilihan dalam tindakan mereka, dan mengapa mereka bertahan dalam tindakan tersebut dari waktu ke waktu.

Motivasi dalam diri seorang karyawan sangat dapat mempengaruhi produktivitasnya, dengan memiliki motivasi yang tinggi, seorang karyawan akan dapat mengeksplor kemampuan dirinya. Bagi seorang pemimpin dalam meningkatkan motivasi karyawannya dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memberikan reward atau penghargaan.

Memberikan reward atau penghargaan, akan dapat membuat seorang karyawan akan merasa termotivasi, tergugah dirinya agar meningkatkan kinerjanya. Dalam buku The Leadership Experience, dijelaskan bahwa terdapat 2 jenis reward atau penghargaan, yaitu Intrinsic reward dan Extrinsic reward.

Intrinsic reward adalah kepuasan internal yang diterima atau dirasakan seseorang saat melakukan sebuah tindakan tertentu. Sedangkan Extrinsic reward adalah penghargaan yang diberikan oleh orang lain kepada seseorang, biasanya penghargaan tersebut diberikan dalam bentuk kenaikan gaji atau promosi jabatan.

Berdasarkan 2 jenis penghargaan yang telah disebutkan sebelumnya, tentunya dapat membuat seorang karyawan akan giat dalam bekerja dan memiliki motivasi tinggi agar dapat memperoleh penghargaan tersebut, tentunya seorang karyawan yang bekerja pasti menginginkan peningkatan dalam karier mereka, sehingga dengan promosi jabatan atau kenaikan gaji, akan dapat memberikan mereka motivasi yang cukup dalam meningkatkan kinerja mereka.

Seorang pemimpin sudah sepatutnya memberikan karyawannya penghargaan agar dapat menghargai kinerja dan usaha yang telah diberikan karyawannya dalam membantu mencapai tujuan bersama.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x