Mohon tunggu...
Ruth Lana Monika
Ruth Lana Monika Mohon Tunggu... Menulis untuk menjadi pengantar pesan Semesta

Penulis lahir di Jakarta. Seorang ibu rumah tangga yang sedang berusaha kembali mengasah talenta menulis dan belajar blogging.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Skincare ala Budget Pas-pasan

26 Mei 2021   19:08 Diperbarui: 26 Mei 2021   19:15 66 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Skincare ala Budget Pas-pasan
cantik.tempo.com

Kulit merupakan komponen penting bagi tubuh manusia. Dwikarya (2003) menjelaskan, bahwa fungsi kulit yaitu perlindungan atau proteksi, mengeluarkan zat-zat tidak berguna sisa metabolisme dari dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, menyimpan kelebihan minyak, sebagai indera peraba, tempat pembuatan vitamin D, mencegah terjadinya kehilangan cairan tubuh yang esensial.

Untuk itu, selayaknya kulit senantiasa dijaga dan dipelihara kesehatannya. Bukan hanya kulit wajah atau bagian yang terbuka, melainkan kulit di seluruh tubuh harus dijaga. Namun, dari semua bagian kulit tubuh, kulit wajah merupakan bagian yang paling sering mendapat perhatian. 

Wajah merupakan bagian terpenting bagi seseorang baik wanita maupun pria. Setiap individu tentunya mendambakan wajah yang sehat, bersih, dan tidak kusam. Oleh karena itu, diperlukan perawatan yang intens terhadapnya dan tentunya dengan cara yang alami.

Memahami struktur dan fungsi kulit dapat menjadi langkah awal dalam keseluruhan rangkaian upaya merawat dan menjaga kesehatan kulit. Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda, untuk melakukan perawatan kulit tersebut tentunya harus mengetahui jenis kulit yang dimiliki.

Sudahkah kamu mengetahui jenis kulitmu?

Skincare atau perawatan kulit adalah serangkaian aktivitas yang mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penampilan dan meringankan kondisi kulit. Skincare dapat mencakup nutrisi bagi kulit hingga menghindari dampak negatif dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Menurut buku Merawat Kulit dan Wajah (2003) dijelaskan bahwa kulit adalah bagian tubuh yang memiliki fungsi cukup berpengaruh. Dari semua bagian kulit tubuh, kulit wajah merupakan bagian yang paling sering mendapat perhatian. 

Kulit wajah yang bersih dan terawat akan terlihat sehat dan lebih bercahaya. Dengan adanya perawatan kulit, baik pria maupun wanita semua tentu akan mengidamkan kulit yang sehat dan terawat.

Namun, perawatan yang dipilih harus sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki dan sesuai dengan kebutuhan. Perawatan yang baik harus dimulai dari tahap yang dasar dan teratur. Pemilihan bahan serta cara yang tepat juga menentukan kualitas yang diinginkan.

Namun, menurut sebagian masyarakat menganggap bahwa untuk melakukan perawatan kulit di skincare cukup menguras budget apalagi ditambah konsultasi dan pembelian produk yang harus dilakukan setiap bulannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x