Mohon tunggu...
Lamkrista Sinaga
Lamkrista Sinaga Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Teknik Industri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ini Cara Mahasiswa Undip Membantu Warga Lingkungan VII Mengurangi Penyebaran Virus Covid-19

27 Juli 2021   19:14 Diperbarui: 27 Juli 2021   19:27 31 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ini Cara Mahasiswa Undip Membantu Warga Lingkungan VII Mengurangi Penyebaran Virus Covid-19
Gambar 1 Pembuatan Handless Sanitizer menggunakan Sistem Injak

Lubuk Pakam (27/7/21) – Universitas Diponegoro "menerjunkan" mahasiswanya untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah tempat tinggal masing-masing selama 45 hari dikarenakan kondisi pandemic COVID 19 yang sedang marak.Selain itu,Undip juga melakukannya sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Undip kepada seluruh masyarakat Indonesia.


Dengan mengangkat tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi COVID 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kuliah Kerja Nyata” . Mahasiswa Undip diwajibkan untuk membuat program yang berhubungan dengan tindakan pencegahan COVID-19 dan program Sustainable Development Goals. Namun, dalam pelaksanaannya mahasiswa juga harus tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, menjaga kebersihan tangan, faceshield apabila perlu.

Program KKN yang dilakukan dan diimplementasikan oleh mahasiswa KKN Tim II mendapat dukungan penuh dari Pemerintah kota, kecamatan, kelurahan, dan masyarakat di Lingkungan VII.


Salah satu Program yang dijalankan adalah membuat alat Handless Sanitizer menggunakan pedal agar masyarakat di wilayah Lingkungan VII Kelurahan Cemara tidak lupa membersihkan tangan, tidak hanya saat di rumah, tetapi juga saat beraktivitas di luar rumah. Alat ini dibuat dengan bahan yang mudah ditemukan, tidak mahal, namun dapat berfungsi secara maksimal. Alat ini juga disertai dengan poster cara penggunaan alat. Pengadaan alat ini direspon baik oleh warga sekitar dan sudah digunakan oleh para warga Lingkungan VII yang akan masuk dan keluar wilayah tersebut.

Gambar 2 Penjelasan Handless Sanitizer dengan sistem injak pada warga Lingkungan VII
Gambar 2 Penjelasan Handless Sanitizer dengan sistem injak pada warga Lingkungan VII

Berlatar belakang jurusan Teknik Industri, penulis (Lamkrista) memutuskan untuk membuat program sosialisasi “5S & aturan kerja di masa COVID 19 di UMKM Kelurahan Cemara”. Sosialiasi Budaya 5S ini bertujuan menjaga lingkungan tempat kerja untuk selalu rapih dan mendukung berjalannya pekerjaan secara aman dan efisien. Selain itu, media selama ini lebih banyak menyebarkan informasi protokol kesehatan untuk perkantoran sehinnga penulis berupaya menyampaikan protokol kesehatan di UMKM berdasarkan aturan dari Work Safety and Health Council.

Gambar 3 Pemasangan dan Penjelasan Poster 5R pada Bengkel Las
Gambar 3 Pemasangan dan Penjelasan Poster 5R pada Bengkel Las

Pada UMKM produksi makanan seperti keripik, Mahasiswa juga peduli untuk melakukan penjelasan dan pemasangan poster 5R demi keselamatan pekerja dan kerapihan UMKM itu sendiri.

Gambar 4 Pemasangan dan Penjelasan Poster 5R pada UMKM Pembuatan Kripik
Gambar 4 Pemasangan dan Penjelasan Poster 5R pada UMKM Pembuatan Kripik

Dengan diadakannya kedua program ini mampu membuat masyarakat semakin sadar tentang pentingnya menjaga diri dan tentu saja membantu mengurangi penyebaran virus COVID-19 terutama pada wilayah Lingkungan VII Kelurahan Cemara ini. Selain itu juga diharapkan pada setiap UMKM dapat meningkatkan Keselamatan dan Kenyamanan Kerja dengan budaya 5R,




Penulis : Lamkrista Saputri Sinaga

Editor  : Nenik Woyanti, S.E., M.Si

#kkntimIIperiode2021 #p2kknundip #lppmundip #kknundiptim2

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan