Mohon tunggu...
Syasya_mama
Syasya_mama Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Ibu 2 Putri, Indonesia - Korea 가는 말이 고와야 오는 말이 곱다 (Jika kata yang keluar baik, kata yang akan datang pun akan baik )

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Horor Kesandung Wangke Mitos Orang Jawa

8 Agustus 2021   14:21 Diperbarui: 8 Agustus 2021   14:48 348 7 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Horor Kesandung Wangke Mitos Orang Jawa
Sumber gbr. Blogsport.com

Ada yang tau gak ya kira kira "Sandung Wangke" itu apa? Yup kalau lihat di kamus KBBI sandung atau kesandung atau tersandung. Sementara wangke artinya bangkai atau mayat.

Kalau kesandung watu (batu) sih sakit. Kesandung masalah jadinya mumet lah kalau kesandung wangke (mayat) apa gak horor tuh. 

Dan gimana ceritanya kok bisa ada yang kesandung mayat? Matanya ditaro dimana coba? Kasihan yang kesandung dan terselandung hikshiks.

Ternyata usut punya usut kesandung wangke disini maksudnya bukan yang sebenarnya. Seperti yang kita pikirkan dan bayangkan ada mayat dibawah terus pas kita jalan tiba tiba kesandung terus jatuh. Bukan begitu?  Terus gimana dong? Hehehe penasaran ya?

Ceritanya begini beberapa waktu yang lalu ada kerabat dekat yang melaksanakan hajatan pernikahan putrinya. Sebenarnya mengelar acara akad nikah dan resepsi pernikahan ditengah pandemi sebuah dilema bagi kerabat dekat saya. 

Namun karena hajatan ini sudah ditunda hingga 1 tahun lebih dan sudah ditunda tunda beberapa kali hingga membuat orangtua mempelai dan mempelai takut malah nantinya  batal dan gagal. Jadi dengan ketidak pastian kapan berakhirnya pandemi dan denga. banyak pertimbangan akhirnya dilaksanakan juga. 

Dengan konsekuensi yang cukup besar juga yaitu harus sesuai aturan dan syarat dari pemerintah setempat karena semuanya harus sesuai prokes. Apalagi beberapa hari terakhir sebelum hajatan lihat berita pandemi covid 19 angkanya semakin merangkak naik.

Agak ketar ketir juga....dan terbilang nekat juga. Tepat ketika hari H ternyata ada tetangga yang dikabarkan meninggal dunia. Semua orang sedang rewang (membantu) heboh.... bahkan tuan rumah yang punya hajat ikutan heboh bahkan lebih heboh.

 Saya yang emang gak tau apa apa hanya bisa mendengarkan kehebohan tersebut apalagi bahasa yang digunakan jawa ngapak yang maaf saya kurang faham mereka bicara apa. 

"Aduh piye kiye kesandung wangke?"ucap beberapa orang"waduh jwannn piye kiye?" piye jal jal?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan